UMKM BANK NTT UNTUK PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL (PEN)

0

Kupang,GaharuNews.com- Upaya Bank NTT merealisasikan Program PEN salah satunya yaitu Pemberdayaan Ekonomi di Kecamatan Semau Kabupaten Kupang.

Beberapa kegiatan bersifat Pelatihan, Pindampingan dan Produksi untuk para pelaku UMKM Binaan Bank NTT tersebut, bersinergi dengan pihak Pemerintah maupun Swasta.

Upaya tersebut menghasilkan 25 Off Taker yang melakukan penandatanganan PKS Jual Beli dengan 27 UMKM Binaan Bank NTT didepan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta para Bupati dan Sekda se-NTT pada 27 Agustus 2021 yang lalu, di Desa Otan Kecamatan Semau Kabupaten Kupang.

Beberapa aksi Pemulihan Ekonomi yang telah dilakukan Bank NTT yaitu :
1. Pelatihan penguatan kapasitas pengembangan Home Stay dan pemanfaatan layanan perbankan bagi para pemilik Home Stay di Desa Otan, pada 20 Agustus 2021. Bank NTT berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT.
2. Pelatihan pengelolaan produksi tenun ikat sekaligus memberikan bantuan bahan Baku peralatam tenun, benang dan obat-obat an di Wilayah I Desa Otan, pada 23 Agustus 2021.
3. Pelatihan dan edukasi pemanfaatan layanan digitalisasi ekosistem pertanian untuk komoditi bawang merah dan Pemanfaatan Layanan perbankan, pada 23 Agustus 2021.

Ini merupakan kerja sama antara Bank NTT dengan Agree dalam pemanfaatan potensi digital yang menghubungkan antara para Petani, Off Taker, Bank NTT serta entitas pendukung lainnya yg terlibat dalam mengakomodasi fitur Pengajuan Pembiayaan berbasis digital, khusus ekosistem pertanian di NTT.
4. Pelatihan teknis budi daya rumput laut dan Pemanfaatan Layanan perbankan, pada 23 Agustus 2021. Bank NTT berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kupang.
5. Sertifikasi Ketahanan Pangan untuk kelompok UMKM Desa Otan, pada 23 Agustus 2021 yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang agar setiap pelaku UMKM dapat memiliki Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), sebagai legalitas edar suatu produk Pangan yang dipasarkan.

Bank NTT hadir dalam mendukung UMKM di Desa Otan dalam pengelolaan produk dan usaha baik Home Stay, Pertanian/Perikanan, Tenun, Makanan yang baik untuk meningkatkan marketability produk dan usaha di pasar serta peningkatan citra produk (Humas Bank NTT)

MENABUNG DI BANK NTT = MEMBANGUN NTT
#ayokebankntt
#melayanilebihsungguh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here