Tuntut Hak, Launching FishOn Diwarnai Aksi Pembentangan Spanduk Karyawan KCBS

0

Maumere,GaharuNews.com – Puluhan Karyawan PT. KCBS melakukan aksi pembentangan spanduk saat launching perdana ekspor Tuna Sashimi dan Katsuobuchi oleh UKM Nelayan binaan FishOn, Sabtu (30/10/2021).

Dalam aksi tersebut, terlihat puluhan karyawan PT. KCBS membentangkan beberapa spanduk yang isinya bertuliskan sejumlah tuntutan, saat CEO FishOn, Bupati Sikka dan Deputi UMKM Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan sambutan. Aksi ini juga digelar tanpa orasi dari perwakilan karyawan.

Adapun tuntutan yang terlihat dalam tulisan pada spanduk tersebut yakni, selesaikan hak kami (gaji) dari bulan Mei-Oktober 2021. Tulisan ini dibuat lebih besar dari tulisan lainnya pada spanduk. Selain itu tuntutan lain seperti yang terlihat dalam spanduk adalah, selesaikan Iuran BPJS kami dan selesaikan hak pekerja PT. KCBS bulan Mei-Oktober 2021.

Melihat aksi itu, CEO FishOn Fajar Widisasono dan Direktur FishOn NTT, Voni Francis Yuki saat memberikan sambutan menyampaikan akan bersama-sama mengatasi persoalan yang sedang dihadapi oleh puluhan karyawan PT. KCBS.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo pun menyampaikan hal yang sama. “Pemerintah juga akan siap membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh para karyawan tersebut,” ungkap Robi Idong.

Terhadap aksi tersebut, Direktur PT KCBS Theodorus Ervianus Uji Hon ketika dikonfirmasi media menyampaikan pihaknya sudah mengikuti aturan dari kantor pusat bahwa untuk sementara merumahkan para karyawannya sejak bulan Juli 2021.

Menurut pengakuannya, pihak manajemen telah melakukan pendekatan dan memberikan informasi kepada karyawan pada setiap bulannya dan menyampaikan bahwa saat ini kondisinya memang sangat sulit.

“Kita memang sudah ikuti aturan dari kantor Pusat bahwa kita rumahkan. Untuk itu sejak bulan Juli kita sudah merumahkan mereka. Setiap bulan kita sampaikan dan melakukan pendekatan serta memberikan informasi kepada para karyawan tersebut bahwa kondisi masih seperti ini,” ungkapnya menyayangkan.

Ia pun berharap adanya dukungan dana dari kantor pusat, namun hingga saat ini belum bisa terpenuhi, karena memang di kantor pusatlah yang paling merasakan dampaknya.

Dengan demikian, Theodorus berharap, masuknya FishOn melalui PT KCBS ini paling tidak bisa menyelesaikan sedikit persoalan yang dialami oleh puluhan karyawannya tersebut. (FD-GN)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here