SMP St Theresia Tuapukan Gelar Lomba Pidato Human Trafficking

0

Oelamasi, GaharuNews.Com_SMP St Theresia Tuapukan gelar lomba pidato dengan tema Human Trafficking. Kegiatan ini dilaksanakan sabtu, (26/02/2022 ) di ruang Laboratorium IPA SMP St Theresia Tuapukan kabupaten Kupang.

Ketua Panitia Viktorinus S.Salu,S.Si dalam laporan kepanitian mengatakan bahwa,
kegiatan yang digelar ini atas dasar kesadaran bersama apa lagi seperti usia anak SMP, agar siswa-siswi dapat mengetahui sejak dini tentang Human Trafficking, bahaya Human Trafficking dan bagaimana magawas diri dari Oknum Human Trafficker.

Ia juga menjelaskan bahwa, persoalan Human Trafficking adalah persoalan yang kompleks mulai dari tindakan perekrutan, Pengangkutan, Penampungan Pengiriman, Pemindahan atau penerimaan seseorang dengan ancaman Kekerasan, penggunaan kekerasan, Penculikan, Penyekapan, Pemalsuan penyalahgunaan kekuasaan atau Posisi rentan, Penjeratan utang atau meminta bayaran atau manfaat, dengan memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali orang lain tersebut, baik yang dilakukan di dalam Negara maupun antar Negara untuk tujuan Eksploitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi. Hal tersebut merupakan tindakan Human Trafficking seperti termuat dalam Pasal 1(1) UU No.21 Tahun 2007).

Sedangkan kepala sekolah SMP St Theresia Tuapukan Sr.Rafaela Tai,SSpS,S.Pd dalam pembukaan acara lomba tersebut menyampaikan ucapan kepada Bapak ibu guru pegawai dan siswa-siswi yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini mulai dari persiapan sampai pada pelaksanaan lomba pidato ini.

“Dalam kesempatan ini saya berterimakasih kepada Direktur Vivat Internasional Indonesia Sr Genobeba Amaral,SSpS dan semua pengurus yang sudah bersedia bekerjasama dengan SMP St Theresia Tuapukan sehingga dapat terlaksanalah kegiatan ini”, Katanya.

Ia mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab hingga selesai dan intinya para siswa dapat mengetahui Human Trafficking dan bahayanya dari persoalan Human Trafficking. (INO/GR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here