Siap Akreditasi, Puskesmas Hewokloang Galang Komitmen Bersama

0

Maumere,GaharuNews.com – Dalam rangka Akreditasi, saat ini Puskesmas Hewokloang tengah melakukan persiapan untuk melengkapi berbagai persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Dan untuk mendukung pelaksanaan Akreditasi tersebut dibutuhkan komitmen bersama.

Kepada GaharuNews.com, Senin (25/10/2021), Kepala Puskesmas Hewokloang, Daniel Deni Doing menjelaskan bahwa dalam rangka mendukung proses akreditasi di Puskesmas Hewokloang, maka diperlukan adanya komitmen bersama dari semua lintas sektor dalam 2 kali tahapan.

“Penggalangan Komitmen Lintas Sektor ini dalam rangka berkaitan dengan Akreditasi itu ada 2 (dua) kali kegiatan penggalangan, yang pertama internal, itu antara semua tenaga pelayanan kesehatan, baik yang ada di Pustu dan Polindes maupun yang ada di Puskesmas. Artinya kami berkomitmen untuk siap di akreditasi,” pungkas Deni Doing.

Setelah itu lanjutnya, pada tahapan kedua, pihaknya mengundang lintas sektor lainnya mulai dari tingkat Desa sampai Kabupaten.

Hal ini dilakukan agar ketika ditemukan adanya persoalan terkait dengan pelayanan di dalam lingkungan Puskesmas Hewokloang maka akan didiskusikan bersama dengan para lintas sektor tersebut, jelas Doing.

Lebih lanjut Deni Doing mengatakan, dalam pembahasan tersebut akan ada rencana tindak lanjutnya. Sehingga itu akan menjadi bukti yang akan kami tunjukkan ketika tim survey akreditasi turun bahwa ada kegiatan penggalangan komitmen bersama dengan lintas sektor.

Menurutnya bahwa penggalangan komitmen ini merupakan salah satu item penilaian.
Ia menyampaikan bahwa tujuan dari adanya akreditasi ini adalah salah satu poin dalam pelaksanaan operasional kegiatan Puskesmas.

Artinya kalau dalam penilaian tesebut sudah terakreditasi tetapi poinnya turun, bisa saja operasional kegiatan pelayanan tidak bisa dilaksanakan, karena tidak memenuhi standar, ujarnya.

Karena diakuinya, akreditasi ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan RI yang menyatakan bahwa setiap tiga tahun Puskesmas wajib melakukan akreditasi.

Sementara itu Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga saat memberikan sambutan mengingatkan kepada semua Lintas Sektor yang telah menandatangani komitmen bersama untuk tetap mendukung semua proses akreditasi yang dilakukan.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua tenaga pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Hewokloang sembari meminta untuk selalu bekerja sama dalam melayani kebutuhan kesehatan masyarakat Hewokloang.

Pantauan Media ini, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, Anggota DPRD Sikka, Yosef Don Bosco dan Wenseslaus Wege, Camat Hewokloang, Kepala Desa dan Kepala Sekolah se Kecamatan Hewokloang, Ketua BPD dan Para Tokoh se Kecamatan Hewokloang serta para Nakes Puskesmas Hewokloang. (FD-GN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here