Setelah Lama Tak Beroperasi, Kapal Roro Milik DLU Kembali Layani Rute Maumere-Makasar

0
ERRY ARDIYANTO - GENERAL MANAGER PT. PELINDO III PERSERO

MAUMERE-GAHARU.NES.com – Setelah beberapa tahun tidak beroperasi, kini Kapal Roro milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU) akan segera beroperasi dengan rute Makasar-Maumere PP. Hal ini disampaikan General Manager PT. Pelindo III Persero, Erry Ardiyanto, Rabu (25/08/2021).
“Dini hari pukul 01.00 waktu Sikka (Rabu, 25 Agustus), telah dilaksanakan ujicoba sandar di Dermaga 4 milik PT. Pelindo III Persero yang ada di L.Say Maumere guna untuk mendapatkan Ijin Operasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan,” kata Ardiyanto.
Ardiyanto menyampaikan bahwa ujicoba sandar ini dilakukan dengan Kapal Roro milik Dharma Lautan Utama yang akan berlayar dari Jakarta mengangkut kendaraan yang akan digunakan untuk sportyng acara PON di Papua dan bersedia singgah di Pelabuhan L.Say Maumere.
Lanjut Ardiyanto mengatakan, dalam rangka meningkatkan perekonomian dan pensuplian logistik di Maumere, pihaknya perlu menyambut dengan baik PT. Dharma Lautan Utama yang rencananya akan mengoperasikan kapal dari Makasar ke Maumere.
“Karena dilatarbelakangi bahwa PT. Dharma Lautan Utama yang perlu kita sambut dengan baik rencananya akan mengoperasikan kapal dari Maksar ke Maumere. Itu guna untuk meningkatkan ekonomi dan pensuplai logistik yang ada di Maumere,” terang GM.
Lebih lanjut Ardiyanto mengatakan, ketika dari Maumere- Makasar sudah dinilai dengan baik, maka PT. Dharma Lautan Utama juga akan membuka rute berikutnya yang tentunya disetujui oleh pemerintah,” karena kapal Roro ini trayeknya pun harus mendapatakan persetujuan dari pemerintah pusat,” kata Erry Ardiyanto.
Maka dari itu, katanya, tadi malam sudah dilaksanakan ujicoba sandar dan dinilai baik, respon dari kapten pun dinilai baik dan semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Ia pun memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan Kelas 4 L.Say Maumere yang telah mendukung kegiatan ujicoba ini.
Dengan adanya keberhasilan ujicoba tersebut, menyatakan bahwa Dermaga 4 milik PT. Pelindo III telah layak disandari kapal Roro, sehingga itu menjadikan rekomendasi bahwa Dermaga tersebut layak untuk dioperasikan, ucap Ardiyanto.
Informasi yang diperoleh media, Kapal Roro milik PT. Dharma Lautan Utama tersebut yang melakukan ujicoba sandar di pelabuhan L.Say meninggalkan pelabuhan pada pukul 11.00 Waktu Indonesia Tengah, dan selanjutnya menuju Pelabuhan Timika, Papua. *( FD-GN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here