Pemerintah Dan DPRD Siap Bahas Tiga Ranperda Inisiatif

0
Donatus David,SH - Ketua DPRD Sikka

MAUMERE-GAHARUNEWS.com – Tiga buah Ranperda inisiatif yang diajukan oleh DPRD Sikka, saat ini telah memasuki proses pembahasan bersama pemerintah, setelah melalui paripurna, Jumat (27/08/2021).
Tiga buah Ranperda inisiatif DPRD tersebut yakni, Sistem Kesehatan Daerah, Sistem Penyelenggaraan Pendidikan dan Penyelenggaraan Telekomunikasi.
Ketua DRPD Sikka, Donatus David,SH.,kepada wartawan usai paripurna mengatakan, terhadap ini, DPRD Sikka telah bekerja sama dengan pihak Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) NTT dalam kaitan dengan proses dan mekanisme penyusunan dan pengajuan Tiga Ranperda inisiatif.
Menurutnya, Tiga Ranperda inisiatif tersebut sudah dilakukan asessment oleh Tim dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT sebagai perancang dan yang mengkaji.
Sesungguhnya, kata David, ada 4 Ranperda yang sudah disepakati dalam Propemperda tahun 2021 sebagaimana secara keseluruhan ada 23 Ranperda yakni, 4 Ranperda inisiatif DPRD dan 19 Ranperda yang diajukan oleh pemerintah.
Namun, dari keempat ranperda tersebut, DPRD Sikka hanya menyepakati 3 ranperda inisiatif untuk dibahas, sedangkan 1 ranperda inisiatif tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan dan Pemukiman Kumuh dipending, karena belum dilakukan asessment oleh pihak Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT, jelas David.
“Kita berharap 2 ranperda inisiatif ini bisa selesai dibahas dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah di Bulan Desember atau dalam masa Sidang I tahun 2021/2022 sehingga bisa ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati untuk implementasi dilapangan,” ucap David.*(FD-GN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here