Oktovianus Logo Buke merupakan figur Muda yang mampu membawa perubahan di Desa Noelbaki.

0

Oelamasi,Gaharu News.Com-Antusias masyarakat desa Noelbaki sangat tinggi dalam mendorong Oktovianus Logo Buke.SH untuk maju dalam perhelatan politik desa Noelbaki kecamatan Kupang tengah Kabupaten Kupang

Dukungan masyarakat tersebut, atas dasar rekam jejak dan aktivitas keseharian dari bapak Oktovianus Logo Buke di lingkungan masyarakat yang sangat diterima baik, sebab Oktovianus merupakan sosok Muda yang mampu membawa perubahan di Desa Noelbaki.

Oktovianus juga merupakan figur yang selalu aktif dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat desa Noelbaki, sehingga diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat Desa Noelbaki.

Ketika ditemui Media Gaharu News di kediamannya Noelbaki,Minggu(24/10/202) Dirinya mengatakan bahwa ketika masyarakat mempercayakan untuk menjadi kepala desa Noelbaki dirinya akan mampu menjawab keluhan masyarakat desa Noelbaki selama ini,sebab masyarakat desa Noelbaki yang menginginkan sosok baru yang siap membawa perubahan di Desa Noelbaki

Oktovianus juga sempat menjelaskan tentang Visi dan misi, jika masyarakat mempercayakan dirinya untuk menjadi kepala Desa Noelbaki. Yang menjadi Visi dari oktovinaus adalah menyelenggaran pemerintahIa yang transparan,jujur dan adil,sejahtera,berbudaya dan berakhlak mulia.

Sedangkan Misi dari oktovinaus adalah 1.mengedepanka kejujuran dan musyawarah mufakat baik dengan pemerintah dan masyarakat 2.Meningkatkan pelayanan masyarakat secara aktif dan kooperatif.3. membuat forum komunikasi antara lembaga agama dan lembaga adat.4. Mengembangkan ketersediaan fasilitas dengan peningkatan sarana prasarana terarah.5. Mewujudkan sistem usaha mandiri melalui program badan usaha milik desa (BUMDES) 6.Merubah pola pikir masyarakat dan meningkatkan keterampilan melalui UMKM,sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat.7.Meningkatkan peran serta generasi muda dalam bidang olahraga, seni dan budaya.8.Menjadikan pantai panmuti sebagai tempat pariwisata.9. Meluaskan kesadaran hukum melalui program masyarakat sadar hukum.

Dirinya juga menjelaskan 9 Program Strategis yang akan dilakukan jika dirinya terpilih menjadi kepala desa Noelbaki yaitu
1.Keterbukaan dalam pengelolaan anggaran, sehingga masyarakat dapat mengetahui manfaat dari anggaran yang ada. Melibatkan masyarakat dalam mengawasi setiap program yang dikerjakan dalam desa. 2.Melayani masyarakat dengan ramah, sabar dan santun kepada setiap masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Pelayanan dengan pendekatan persuasif yaitu pelayanan yang mengarahkan,dan melayani dengan sabar namun tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku. Menyediakan air bersih bagi masyarakat
3.membuat pelatihan keterampilan dan pengetahuan bagi masyarakat contoh, pemberdayaan sumber daya manusia. Pemberdayaan sumber daya lokal. contohnya, pelatihan pembuatan tenun ikat, pengolahan pupuk organik, Mengolah hasil pertanian contoh, buah pepaya mudah menjadi abon pepaya dan jenis keripik dan stik, daur ulang sampah. Pelayanan bisa diberikan kepada masyarakat walaupun diluar jam kerja, apabila ada hal-hal yang emergency (darurat) 4.menciptakan rasa persaudaraan antar umat beragama. Menanamkan nilai-nilai religius pada setiap umat beragama agar dapat menurunkan tingkat kriminalitas pada masyarakat. 5.Pembangunan fisik, contohnya jalan desa, saluran irigasi dan rumah layak huni sesuai dengan kondisi yang terjadi dalam masyarakat. 6.Penyediaan tenda dan kursi untuk kepentingan masyarakat sehingga dapat meningkatkan PADES. Pemberdayaan kaum perempuan meliputi, kader kesehatan keluarga melalui posyandu- polah asuh anak yaitu mencegah dan mengurangi kekerasan pada anak baik fisik maupun mental.Menurunkan dan menekan angka stunting. 7.Penataan dan menyediakan fasilitas yang memadai serta kenyamanan bagi wisatawan yang datang ke pantai panmuti yang terletak di dusun koanoah RT 35/RW 14 Desa Noelbaki. Melalui pariwisata ini dapat meningkatkan PADES dan juga menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat desa Noelbaki 8.Mengadakan pertandingan piala kepala desa antara dusun, berupa pertandingan bola kaki dan bola voli menyongsong hari kemerdekaan, pementasan tarian daerah khas NTT. 9.Membagun kerja sama dengan pihak kepolisian (polsek kupang tengah), sehingga terciptanya kamtibmas di desa Noelbaki. Mewujudkan pemerintah desa yang mampu menyelesaikan masalah hukum (tipiring) di tingkat desa.Menjalin kerjasama dengan universitas Negeri maupun swasta (fakultas hukum untuk memberikan penyuluhan hukum bagi masyarakat)

Di Akhir pernyataan dalam memaparkan visi dan misi dirinya meminta agar masyarakat tidak salah memilih pemimpin desa karena pemilihan desa tanggal 23 November 2021 akan menentukan nasib masyarakat desa Noelbaki ke depan.

Oktovinasi juga mengharapkan agar masyarakat melihat sosok pemimpin desa yang selama ini aktif dalam kegiatan masyarakat baik itu kegiatan masyarakat adat maupun kegiatan keagamaan.(Tyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here