Oktober 2021, Pemilih Sikka Mencapai 205.567

0

Maumere,GaharuNews.com – Sampai Oktober 2021, jumlah pemilih di Kabupaten Sikka mencapai 205.567 yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 94.887 dan pemilih perempuan sebanyak 110.680.

Demikian disampaikan Juru Bicara KPU Sikka, Herimanto, SH., melalui siaran pers, usai kegiatan rapat rekapitulasi DPB, Jumad, (29/10/2021).

Dalam rapat rekapitliasi, kata Herimanto, Ketua KPU Sikka, Yohanes Krisostomus Feri menjelaskan, “Jumlah pemilih di bulan Oktober ini bertambah sebanyak 314 pemilih jika dibanding jumlah pemilih bulan September yang mencapai 205.253,” ujar Feri.

“Angka pertambahan sebanyak 314 pemilih itu diperoleh dari jumlah pemilih baru sebanyak 399 (terdiri dari 211 laki-laki dan 188 perempuan) dikurangi jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 85 pemilih,” kata Feri.

Lebih lanjut, Herimanto menjelaskan, hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan bulan Oktober yang dibacakan dalam Rapat Rekapitulasi, Kamis (28/10/21).

Rapat yang dipimpin Ketua KPU Sikka, Yohanes Krisostomus Feri ini dihadiri semua komisioner KPU Sikka masing-masing Elsy Puspasari Kusuma Putri, Jupri, Herimanto dan Thresia Yuldensia Hesty.

Turut hadir Sekretaris KPU Sikka, Elwis da Rato dan tiga Kasubbag masing-masing Kasubag Program dan Data, Cornelius Mauritius, Kasubag Hukum, Mega Suryati Azyar, dan Kasubag Teknis dan Hupmas, Semuel Desryanto Sing.

Untuk diketahui, rekapitulasi daftar pemilih bulan Oktober ini bersumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sikka dan hasil penelusuran KPU Kabupaten Sikka.

Menurut Herimanto, dalam rapat rekapitulasi itu, Ketua KPU Sikka, Yohanes Krisostomus Feri juga menyampaikan KPU Sikka sudah menindaklanjuti Rekomendasi Bawaslu Kabupaten Sikka sesuai surat Nomor 039/Bawaslukab/ Sikka/X/2021 yang menyebutkan ada data ganda berbasis NIK sebanyak 2 Pemilih di Desa Darat Pantai, Kecamatan Talibura.

Selama bulan Oktober ini, KPU Sikka turun ke sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Koting, Nelle, Alok Timur, Alok Barat, dan Waiblama.

“Kita akan terus mengunjungi desa dan kelurahan untuk mendapatkan data pemilih terutama pemilih yang sudah meninggal dunia, pemilih pemula, pemilih pindahan, dan pemilih alih status,” ujar Ketua Divisi Program dan Data, Elsy Puspasari Kusuma Putri. (FD-GN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here