Layani Rute Maumere-Makasar, Dharma Kartika III Lakukan Pelayaran Perdana

0
Bupati Sikka, Robi Idong didampingi GM Pelindo III, Erry Ardiyanto bersama Kapten Kapal Dharma Kartika III saat meninjau kapal tersebut, Rabu (08/09/2021)

MAUMERE-GAHARUNEWS.com – Untuk pertama kalinya, setelah sekian lama tidak beroparasi, PT. Dharma Lautan Utama (DLU) kembali mengoperasikan armada berupa Kapal Roro di Pelabuhan Lorens Say Maumere. Sejak hari ini, Rabu (08/09/2021), Kapal Roro dengan nama Dharma Kartika III ini mulai beroperasi dan melayani rute Maumere-Makasar.
Kepada media, Rabu (08/09/2021), Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo setelah meninjau seluruh bagian kapal menyampaikan, setelah sekian tahun DLU tidak pernah menyinggahi pelabuhan Maumere maka Pemerintah Kabupaten Sikka menyurati PT. DLU untuk meminta agar Armadanya bisa beroperasi lagi.


“Hari ini saya meninjau pelayaran perdana setelah sekian lama, sekian tahun, dari DLU tidak pernah lagi singgah di Maumere, sehingga pemerintah Kabupaten Sikka menyurati DLU meminta agar armadanya bisa beroperasi lagi,” jelas Bupati.
Menurut Bupati Robi Idong, dalam surat yang disampaikan kepada pihak DLU (Dharma Lautan Utama), Pemerintah Kabupaten Sikka meminta agar aramandanya bisa beroperasi lagi dengan rute Maumere-Makasar PP singga Selayar dan juga Maumere-Surabaya PP.
Dengan kembali beroperasinya Kapal Roro milik PT. Dharma Lautan Utama ini, tutur Robi Idong, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka tentunya bergembira karena ini tentunya bisa mendongkrak perekonomian di Kabupaten Sikka dan Flores pada umumnya, kata Bupati.
“Ini merupakan kabar gembira. Silahkan kita menggunakan ini dimasa pandemi tentunya protokol kesehatan harus tetap kita ikuti bersama-sama, dan pemerintah akan memfasilitasi pada sektor-sektor esensial seperti pada tranaportasi laut ini sesuia dengan ketentuan yang ada,” ucap Robi Idong yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Sikka ini.
Saat yang sama, General Manager, PT.Pelindo III Persero, Erry Ardiyanto mengatakan, sebagai pengelola terminal pihaknya sangat berbahagia luar biasa karena ini merupakan langkah awal kita untuk menuju kemajuan Sikka.
Menurutnya dengan adanya pelayaran ini maka, geliat ekonomi akan segera tumbuh dengan logistik yang lebih mempermudah antara Makasar dengan Maumere dan dalam waktu yang lebih singkat sembari berharap agar biaya logistiknya lebih murah sehingga masyarakat lebih bisa menjangkau untuk itu, kata Ardiyanto.
Manager PT. Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Maumere, Iwan Prasetyo mengatakan bahwa kedepannya juga akan ada pelayaran yang melayani Rute Maumere-Surabaya. Namun saat ini armadanya masih sementara dalam renovasi.
Untuk itu ia berharap adanya kerja sama dari semua pihak yang ada di Kabupaten Sikka agar secepatnya armada yang melayani rute Maumere-Surabaya ini bisa terealisasi. Ia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sikka yang selalu merespon dengan cepat proses perijinan yang dilakukan oleh PT. Dharma Lautan Utama.
Informasi yang diperoleh dari Kapten Dharma Kartika III, Noviadi Sukowianto, kapal jenis Roro berdimensi 72 meter ini mampu mengangkut 13 truk besar, 4 truk kecil, kendaraan kecil lainnya kurang lebih 25. Sementara kapasitas tempat yang disiapkan bagi penumpang sebanyak kurang lebih 240 orang. *(FD-GN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here