Kakanwil BPN NTT Terima Penghargaan dari Appernas Jaya

0

Kupang-Gaharunews.com,-Selalu memberikan kualitas pelayanan terbaik, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi NTT, Jaconias Walalayo, S.H., M.H,. mendapat piagam penghargaan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Aliansi Pengembangan Perumahan Nasional Jaya (Appernas Jaya).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua DPP Apernas Jaya, Andre Kebangsaan, di ruang kerja Kakanwil BPN NTT, Kamis, 08/09/2022. Penghargaan tersebut diberikan setelah melalui proses penilaian dan masukkan baik internal maupun eksternal terkait kinerja Kakanwil BPN NTT.

Usai memberikan penghargaan, Ketua DPP Apernas Jaya, Andre Kebangsaan, kepada media ini menyatakan bahwa manajemen pelayanan yang dibuat oleh Kakanwil BPN NTT sungguh sangat luar biasa sehingga kualitas pelayanan yang dilakukan menjadi lebih baik.

“Yang perlu digaris bawahi dari beberapa Kanwil yang saya lihat, Kanwil BPN NTT dibawah kepemimpinan Pak Jaconias sangat mengedepankan keterbukaan informasi publik. Bisa kita lihat sendiri bahwa di lobi kantor ini segala jenis informasi terpampang jelas disitu, ” ujarnya

Selain itu, lanjutnya, sebagai organisasi yang bergerak dibidang developer terutama rekan developer di NTT umumnya menyatakan bahwa pelayanan yang berkaitan dengan kebutuhan rekan-rekan developer sangat terbantu.

“Salah satu indikator yang membuat Kakanwil BPN NTT kita beri penghargaan yakni pencapaian PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, -red) pada tahun 2021 yang mencapai 98 persen, ” ungkapnya

Pada tempat yang sama, Kakanwil BPN NTT, Jaconias Walalayo, S.H., M.H,. menyatakan bahwa prinsipnya sebagai pelayan kita harus memberikan pelayanan dengan baik sesuai dengan tujuan dari lembaga ini yakni kita harus melayani dan memberikan kepastian hukum bagi masyarakat.

“Kami berterima kasih karena dengan adanya penghargaan ini kami akan tetap menjaga prinsip pelayanan yakni apa yang harus kami pastikan ke masyarakat tentang kepemilikan hak atas tanah, karena bagaimanapun juga apabila kita tidak bisa pastikan bidang-bidang tanah yang dimiliki masyarakat, instansi pemerintah dan swasta maka itu akan menjadi potensi untuk menimbulkan konflik, ” ungkapnya.

Selanjutnya, Jaconias menambahkan bahwa Kanwil BPN NTT akan terus memastikan status kepemilikan tanah agar mengurangi resiko konflik dengan pelayanan PTSL, Redistribusi tanah dan pelayanan rutin.

“Kita Kanwil BPN NTT saat ini berada di peringkat 3 Nasional, hal ini karena kita memberikan kepastian hukum bagi masyarakat terkait kepemilikan tanah dengan resiko yang minim, ” ujarnya. (Do Nanu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here