Gandeng Politeknik Pelayaran Sorong, SMK Bina Maritim Gelar Diklat Keterampilan Pelaut

0
Minsri Sadipun - Kepala SMK Bina Maritim Maumere

Maumere,GaharuNews.Com – Dalam rangka mendapatkan Kecakapan dan Keterampilan dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi Tertentu diatas Kapal, SMK Bina Maritim Maumere menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Keterampilan Pelaut Bidang Kelautan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan menggandeng Politeknik Pelayaran Sorong.

Diklat Keterampilan pelaut ini digelar secara Daring dan dibuka oleh Direktur Politeknik Pelayaran Sorong, Capt Wisnu Rusianto di Aula Lantai 2 SMK Bina Maritim Maumere, Senin (08/11/2021).

Para Taruni SMK Bina Maritim Sedang Mengikuti Diklat Keterampilan Pelaut di Aula Lantai 2, Senin (08/11/2021). Foto Yopi Ekora.

Hadir dalam acara pembukaan, Kepala SMK Bina Maritim, Minsri Sadipun, guru dan pegawai SMK Bina Maritim serta Panitia Penyelenggara Diklat Keterampilan Pelaut. Kegiatan Diklat Keterampilan Pelaut berjalan sesuai dengan Standar Protokol Kesehatan Covid-19.

Informasi yang diterima media ini, kegiatan ini diikuti oleh 36 peserta dan dilaksanakan mulai 08 November 2021 hingga Desember 2021.

Kepala SMK Bina Maritim, Minsri Sadipun ketika dikonfirmasi media usai pembukaan mengatakan bahwa program Diklat Keterampilan Pelaut ini merupakan Program untuk mendapatkan Kecakapan dan Keterampilan melaksanakan tugas dan fungsi tertentu diatas kapal.

Ia juga menyampaikan bahwa tamatan dari SMK Bina Maritim Maumere harus mampu menjadi pelaut handal dan profesional. “Dan sekiranya tamatan dari SMK Bina Maritim Maumere menjadi pelaut handal dan profesional,” ungkap Minsri Sadipun.

Selain itu ia juga berharap agar kerjasama antara Politeknik Pelayaran Sorong dengan SMK Bina Maritim ini terus berjalan agar semakin banyak tamatan yang menjadi pelaut yang handal dan profesional kedepannya, ujarnya menambahkan.

Minsri menjelaskan, Diklat Keterampilan Pelaut ini dituntut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dari Amandemen 2010 oleh IMO (International Maritime Organization).

Dengan demikian dalam menghadapi persaingan tantangan global, maka perlu Taruni-Taruni SMK Bina Maritim Maumere mengikuti Diklat Keterampilan Pelaut yakni, BST, AFF, SAT, SATSDSD dan Rating yang diselenggarakan oleh Politeknik Pelayaran Sorong.

“Penting untuk membekali para Pelaut atau calon Pelaut di bidang Keterampilan yang berstandar dan bersertifikasi sesuai dengan ketentuan Konvensi International dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku,” jelas Minsri.

Pada kesempatan tersebut dirinya menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara khususnya kepada Direktur Politeknik Pelayaran Sorong dan segenap jajarannya.

“Saya berharap semoga Diklat Keterampilan Laut ini berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya tutup. (FD-GN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here