Dikerjakan Rekanan Luar, Ketua Gapensi Sebut Semua Proyek Di Sikka Bermasalah

0

Maumere,GaharuNews.com – Ketua Gapensi Kabupaten Sikka, Paulus Papo Belang mengatakan, proyek-proyek yang bermasalah di Kabupaten Sikka semuanya dikerjakan oleh rekanan dari luar daerah.

Papo mengatakan ini ketika di temui GaharuNews.com di sekretatiat Gapensi Sikka, Sabtu (20/11/2021). Saat itu Papo Belang didampingi beberapa kontraktor lokal.

“Saya katakan itu karena pengalaman membuktikan dari tahun yang kemarin rekanan dari luar yang datang bekerja disini semuanya bermasalah. Semua proyek yang dikerjakan disini dan bermasalah itu dikerjakan oleh rekanan dari luar daerah,” ungkap Papo Belang.

Ia mencontohkan sejumlah proyek yang bermasalah ketika dikerjakan rekanan luar, Puskesmas Bola, Puskesmas Waigete, Pembangunan Kantor Bupati Sikka dan yang terakhir Pengadaan Travo di Ruang IGD RSUD TC.Hilers Maumere.

Berdasarkan kondisi ini kata Papo Belang, khusus untuk proyek-proyek yang dikerjakan dari dana pinjaman daerah sebaiknya dikerjakan oleh kontraktor lokal.

Karena menurutnya, pelelangan terhadap proyek pinjaman daerah itu harus diperlakukan khusus, istimewa berbeda dengan dana DAK dan dana DAU, ujarnya.

Papo menegaskan bahwa dana pinjaman daerah ini adalah dana khusus yang dipinjam dengan bunga yang dibebankan kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka.

Karena pengembalian bunga ini menjadi beban bagi daerah maka proyek itu harus dikerjakan oleh masyarakat Kabupaten Sikka.

Selanjutnya kata Papo, dana itu dimaksudkan untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Kabupatem Sikka.

Kalau proyek itu dikerjakan oleh kontraktor dari luar Kabupaten Sikka, maka maksud dan tujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat Kabupaten Sikka itu tidak tercapai.

Dibalik itu lanjutnya, hasil keuntungan dari pekerjaan ini dibawa keluar. Pajak dibayar keluar, karena itu dirinya menyatakan bahwa proyek ini harus diprioritaskan rekanan lokal. Baiik tidak baik kontraktor lokal karena mereka semua ada disini, tutupnya.         (FD-GN)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here