Di duga Pengusaha ternama MS, menguasai sumber air secara ilegal

0
sumber Mata Air yang diduga dikuasai secara ilegal
iklan Selamat Natal dan tahun Baru dari Ketua DPD Partai Hanura NTT Refafi Gah
Iklan selamat Natal dan tahun baru dari DPC PWOIN Kab. Rote Ndao

Gaharu New-Rote Ndao – Pengusaha ternama di Rote Ndao MS, diduga kuat menguasai sumber air secara ilegal.

Informasi tersebut di peroleh media ini dari masyarakat, bahwa sudah sekian Tahun pengusaha yang memiliki bisnis BBM dan Perhotelan ini mengusai sumber air tersebut untuk keperluan pibadi dan bisnisnya.

Iklan Selamat natal Dan Tahun Baru dari Ketua komisi 2 DPRD Kota Kupang

Penelusuran media ini di lokasi sumber air dan informasi dari masyarak sekitar lokasi, dan diduga kuat lokasi tersebut berada di kebun Kelapa (mamar-red) di bilangan menggelama tepatnya pinggir kali belakang ULP PLN Rote Ndao. di Kelurahan Namodale,Kecamatan Lobalain.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)Kabupaten Rote Ndao Didik P.B Mesakh,ST ketika ditemui media ini sabtu,(12/12/2020 ), membenarkan hal ini bahkan beliau pernah memanggil MS untuk dimintai klarifikasinya namun yang bersangkutan belum membuktikan bahwa dirinya mempunyai ijin dan dirinya juga tidak bersedia untuk bertanggung jawab apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadi pencemaran air dan lain-lain.

iklan Ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru dari Ketua Srikandi Partai Hanura Kab. Rote Ndao

Bahkan menurut Direktur yang biasa disapa valen ini, MS juga termasuk pelanggan air PDAM tapi beliau tidak menggunakannya sehingga tagihannya hanya kisaran 53 ribu sampe 100 ribu, padahal beliau tergolong niaga bukan rumah tangga.

Ironisnya dalam UU. NO.17 Tahun 2019, Tentang sumber daya air pasal 7 sangat jelas bahwa Sumber Daya Air tidak dapat dimiliki dan/ atau dikuasai oleh perseorangan, kelompok masyarakat, atau badan usaha.

iklan Selamat Natal dan Tahun Baru dari Sekretaris DPD Partai Hanura NTT, Elias Koa

Sedangkan dalam penjelasan UU nomor 17 Tahun 2019 pasal 7 berbunyi, Yang dimaksut dengan “tidak dapat dimiliki dan/atau dikuasai” adalah perseorangan, kelompok Masyarakat,atau badan usaha hanya mendapatkan akses atau kesempatan untuk menggunakan sumber daya air yang diberikan oleh pemerintah .”Termasuk yang tidak dapat dimiliki dan/ atau dikuasai” adalah sumber air yang berada didalam tanah pekarangan milik pribadi atau badan usaha.Namun, pemilik tanah tetap dapat menggunakan air dari sumber air yang ada di pekarangannya untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.Pemilik tanah yang akan menggunakan air dari sumber air yang ada di pekarangannya untuk keperluan usaha dilakukan berdasarkan ijin.

jalur pipa menuju rumah ms (kurang lebih berjarak 1km)

Media ini berusaha menemui MS sebanyak dua kali di kantor perusahaannya tetapi selalu tidak berada di tempat bahkan terkesan menghindar, bahkan media pung berusaha melakukan telepon ke nomor +62 813379xxxxx, Tetapi tidak merespon.(JQ/gn/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here