DI DUGA PENETAPAN RUMAH LAYAK HUNI DI DESA TEBOLE TIDAK MELALUI MUSYAWARAH DAN SALAH SASARAN

0

GAHARUNEWS,COM. ROTE NDAO- Di Tahun 2021 ini, Seorang Janda miskin dari Desa Tebole, Dusun Ngoloina, RT 006, RW 003 sudah di tetapkan untuk mendapatkan Rumah Layak Huni ( RLH ) tetapi nyatanya di alihkan oleh kepala Desa ke orang Lain.

Dana yang bersumber dari DD untuk RLH itu di khususkan kepada warga yang kurang mampu atau warga miskin yang berada dalam Desa.

sayang, dalam pelaksanaannya, di Duga Masi ada praktek kotor, yang sengaja di mainkan pihak Kades sehingga pembagian RLH tidak tepat dan salah sasaran.

seperti yang di ungkapkan Mantan PJ Desa Tebole Kiprianus Irenius Saudale,mengaku cukup kesal melihat warga yang tak sepantas menerima. bantuan itu, namun di paksakan untuk terimah.

saya heran karna yang namanya bantuan ke warga miskin, yang dapat warga berkecukupan anehkan. kata Kiprianus ketika di hubungi wartawan pada Rabu 15/09/2021.

menurutnya penetapan Rumah Layak Huni untuk janda miskin, Agustina Bolla , pada Tahun 2020 dan itupun melalui musyawarah Dusun ( Musdus) sampai dengan Musawarah Desa ( Musdes ) jadi janda miskin, Agustina yang berhak dapat, bahkan sudah ada SK dan RABS tetapi teganya di alihkan ke orang yang bermampu.ungkapnya

di tambahkan juga oleh oleh mantan Kaur Keuangan Desa Tebole, Mersy Sanu, mengenai SK dan RABS Rumah bantuan layak huni untuk Agustina Bolla memang sudah ada bahkan yang tandatanggan SK dan RABS Kades Tebole Mesak, J. Ndun dan sampai pekerjaan bukan lagi nama Agustina tetapi sudah di alihkan ke, Kristian Bolla.

di tambahkan oleh salah toko masyarakat yang tidak mau sebutkan namanya, setau kami masyarakat, progam RLH untuk masyarakat usia tua, di maksud adalah, masyarakat miskin yang sudah tidak mampu lagi untuk membangun Rumah.seperti janda atau duda yang rata – rata usianya di atas 50 tahun.

yang jadi buah bibir di tengah masyarakat Desa Tebole, janda Agustina Bolla yang hidup dengan kedua anaknya yang cacat tetapi teganya bantuan sebenarnya layak untuk janda tersebut tetapi di alihkan ke orang yang mampu.

harapan kami masyarakat di Desa ini kalau bisa dari Dinas terkait bisa mengatasi polimik ini supaya jangan menjadi buah bibir di tengah masyarakat.

hingga berita ini terbit Kades Tebole Mesak J,Ndun belum berhasil di konfirmasi.( RM )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here