Ciptakan Masalah Baru, Kebijakan Bupati TTS dinilai “ikut arus”

0

Soe-gaharunews. Kebijakan Bupati Timor Tengah Selatan, Egusem.P.Tahun, ST.MM yang tiba tiba memberlakukan pemeriksaan ketat kepada semua pelaku perjalanan darat yang melintasi Batuputih, TTS menuai kecaman dari berbagai kalangan karena dinilai ciptakan masalah baru.

Salah satu kecaman datang dari Arifin Lete Betty, Sekretaris DPC Partai Hanura TTS yang menilai Pemeriksaan ketat di Batuputih yang didasarkan pada SE Bupati TTS Nomor.PBPBD.01/303/V/2021 terkesan tiba-tiba dan menunjukan bahwa Bupati TTS tidak terlalu memahami substansi yang dimaksud dalam Instruksi Mendagri Nomor 9 Tahun 2021.

“Saya lihat kebijakan ini terkesan ikut arus saja, sebab nuansa Instruksi Mendagri itu untuk menertibkan arus mudik yang dilarang tahun ini dalam hal ini konteksnya di jawa dan banyak saudara Muslim yang akan merayakan lebaran, sehingga penerapannya didaerah seperti TTS ini harus perhatikan kondisi masyarakat setempat yang rata-rata melakukan perjalanan biasa dengan urgensi masing-masing bukan mudik, ungkap Betty saat diwawancarai media ini per telepon.

Akibatnya, tambah Mantan Anggota DPRD TTS ini ; pemeriksaan di Batuputih malah menciptakan masalah baru dimana ada kerumunan besar yang tentunya bertentangan dengan prokes Covid-19 ; bahkan pelaku perjalanan tetap seperti para Sopir dan pedagang hasil bumi dengan tujuan Kupang terpaksa harus dibebani biaya tinggi untuk mengurus administrasi bebas covid seperti hasil rapid test.

“kalau tiap hari mereka harus rapid test baru bisa antar penumpang atau bajual hasil na lebih baik mereka kerja ko rapid sa ta usah kasi makan keluarga” ulas Betty kesal.

Menurutnya, sebaiknya kebijakan ini ditinjau Kembali sebab dalam pengalamannya pun Pemda tidak konsisten untuk melakukan pemeriksaan Covid-19 selama ini, bahkan terkesan panas-panas ta,i ayam sehingga kepada pelaku perjalanan cukup diperiksa masker atau cek suhu tubuhnya saja, dan kendaraan yang melintaspun cukup diperiksa volume penumpang agar jangan berdesak-desakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here