BUPATI BELU BUKA KEGIATAN PEMBENTUKAN TIM AUDIT AMP-SR KAB. BELU

0
Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM membuka kegiatan pembentukan Tim Audit Maternal Perinatal – Surveilans dan Respon (AMP-SR)
Atambua – GaharuNes.com – Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM membuka kegiatan pembentukan Tim Audit Maternal Perinatal – Surveilans dan Respon (AMP-SR) Kabupaten Belu bertempat di Aula Hotel Kingstar Atambua, Kamis (30/9/221).
Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring.
Bupati Belu dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan memiliki rencana strategis 2020-2024 yang menyebutkan bahwa kondisi umum dan permasalahan kesehatan Ibu dan Anak di Indonesia antara lain tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).
“Angka kematian ibu dan angka kematian bayi bukan hanya merupakan indikator kesehatan ibu dan anak namun juga dapat menggambarkan tingkat akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, efisien dan efektifitas dalam pengelolaan program kesehatan. Berbagai program telah dilaksanakan Pemerintah untuk menurunkan kematian ibu dan bayi,” terangnya.
Lanjut dr. Agus Taolin, salah satu metode yang digunakan untuk melakukan analisis komprehensif adalah melaksanakan AMP-SR.
“Dengan melaksanakan AMP-SR diharapkan jumlah kematian ibu dan bayi baru lahir yang terlaporkan meningkat, kualitas pengumpulan informasi terkait kematian menjadi lebih baik, dapat mengidentifikasi penyebab kematian dan faktor-faktor yang berkaitan dengan kematian melalui pengkajian yang berkualitas, menghasilkan rekomendasi yang terukur dan mampu dilaksanakan serta diikuti dengan komitmen tindak lanjut atas rekomendasi yang dihasilkan,” ujar Bupati Belu.
Lebih lanjut, Bupati Belu menyampaikan bahwa audit maternal telah dilaksanakan sejak tahun 1994 namun pelaksanaannya belum optimal karena yang menjadi kendala utama dari pelaksanaan AMP adalah minimnya Sumber Daya Manusia yang memiliki kapasitas melaksanakan AMP.
Bupati Belu dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan visi Pemerintah saat ini yakni mewujudkan masyarakat Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif.
“Ini adalah pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia, menyatukan konsep dan pemikirin untuk kita maju bersama sehingga tahun depan harus ada hasilnya,” tandas Bupati Belu.
Sebagian peserta kegiatan pembentukan Tim Audit Maternal Perinatal – Surveilans dan Respon (AMP-SR)
Diakhir, Bupati Belu mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Belu guna menuju masyarakat Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif.
Turut hadir SPM Momentum Cluster Timor, Distrik Koordinator Momentum USAID Kab. Belu, Pimpinan OPD, Dirut RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, para Kepala Puskesmas se-Kab. Belu serta Tokoh Masyarakat. (IAGN/prokompimbelu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here