BMKG: Waspada Potensi Siklon Tropis Cuaca di NTT Tanggal 24-26 Februari 2022

0

Kupang, GaharuNews.com,- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui siaran pers di akun IG @bmkgntt_meteo pada tanggal 23 Februari 2022 mengingatkan tentang potensi siklon tropis yang berdampak terhadap cuaca di wilayah NTT pada tanggal 24-26 Februari 2022.

Berdasarkan rilis tersebut, dijelaskan bahwa terpantau adanya pola sirkulasi siklonik atau pusaran angin yang terbentuk di Laut Timor sebelah selatan NTT. Terkait hal tersebut, BMKG telah merilis peringatan dini terkait potensi hujan di sejumlah daerah di NTT.

Perlu mewaspadai potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende dan Sikka.

Adapun waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah kabupaten Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Flores Timur, Lembata dan Alor.

Untuk itu, BMKG menghimbau kepada masyarakat NTT untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi dan menghindari daerah rentan bencana seperti lembah sungai, lereng yang rawan longsor, daerah bertopografi curam/bergunung/tebing pada saat terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi dalam durasi yang panjang. (Aries Usboko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here