Berkat Tangan Dingin Ketua DPD, Hanura NTT Mendapat Anugerah Keterbukaan Informasi

0
Mewakili Partai, Sekertaris DPD Hanura, Elias Koa, S.I.P Menerima Penghargaan dari KIP NTT, Rabu 7 Desember 2022. (Foto: Aries Usboko/Gahurunews.com)

Kupang-Gaharunews.Com,- Berkat tangan dingin pimpinan Ketua DPD Partai Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, SH., M.Pd, Hanura, mencetak sejarah dengan mendapatkan anugerah partai politik klasifikasi informatif kategori tinggi yang ditetapkan Komisi Informasi Provinsi (KIP) Provinsi NTT. Penganugerahan ini berlangsung di Aula El Tari Kupang, Rabu 7 Desember 2022 Pagi.

Ketua DPD Partai Hanura NTT, Drs. Refafi Gah.,SH.,M.Pd yang dikonfirmasi melalui Sekretaris DPD Partai Hanura NTT, Elias Koa, S.I.P mengatakan, Hanura menjalankan praktik keterbukaan informasi sebagai kesadaran ideologis yang dinamis.

“Atas penganugerahan hari ini, untuk dicatat, Hanura NTT satu-satunya yang membuat sejarah penting, dibawah pimpinan Ketua DPD, Partai mendapat kategori tertinggi dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Nusa Tenggara Timur),” kata Elias seusai menerima delegasi penganugerahan di kantor DPP Partai Hanura.

Ia mengatakan, Hanura NTT menata seluruh layanan informasi sebagai bentuk komitmen perjuangan dengan berbagai inovasi baru kepartaian. Hal itu sesuai kepatuhan atas kebijakan dari KIP. Secara sistemik dalam penilaian itu, menunjukkan ada inovasi selama pandemi yang tidak pernah berhenti. Berbagai pelatihan, berbagai program kemanusiaan yang dilakukan partai itu bagian dari keterbukaan publik yang disampaikan kepada masyarakat.

“Sepanjang masa pandemi Covid-19, konsentrasi utama Hati Nuraninya Provinsi NTT adalah membantu rakyat. Kader partai harus menghadirkan wajah kemanusiaan, melakukan sinergi koneksitas baik secara vertikal horizontal, dari hulu ke hilir untuk turun membantu rakyat tanpa pandang bulu,” jelasnya.

Meski begitu, Elias menekankan bahwa penghargaan bukan menjadi tujuan utama Hanura di Provinsi NTT. Tujuan utama Hanura adalah berkomitmen menghadirkan keterbukaan dan akuntabilitas.

“Penghargaan bukan tujuan utama, namun Partai Hanura NTT selalu komitmen untuk menuju partai yang transparan dan akuntabel, sehingga hari ini Partai Hanura mendapatkan predikat informatif dari KIP NTT,” sebutnya.

Ia berharap, ke depan KIP membuat terobosan baru dengan memberikan ranking bagi parpol yang telah mengimplementasi keterbukaan informasi publik. Dengan begitu, parpol akan semakin terpacu untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

“Bagi kami Hanura ini bagus karena memang khususnya parpol membutuhkan motivasi sendiri untuk bisa memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Masyarakat ini perlu tahu banyak apa saja kegiatan partai politik. Berita-berita sudah, tapi mungkin ada hal lain seperti kebijakan strategi itu perlu diakses,” ujar dia.

Selain itu, Ia meminta KIP Provinsi NTT segera menyampaikan kepada masyarakat daftar nama partai yang sudah mengimplementasi keterbukaan informasi publik. Sehingga masyarakat tahu partai apa saja yang berkomitmen dalam keterbukaan informasi publik.

“Parpol kan sudah berpartisipasi jadi giliran KIP menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa partai ini yang telah aktif, yang mengikuti keterbukaan informasi publik, ini partai yang layak didukung. Sehingga ada keseimbangan,” tandasnya.

KIP Provinsi NTT sendiri memberikan penganugerahan keterbukaan informasi publik ke berbagai lembaga, termasuk partai politik. Dalam anugerah ini hanya empat partai politik yakni; Gerindra, Hanura, Golkar dan Perindo dari banyaknya partai di NTT yang mendapat nilai sebagai partai informatif. (Aries Usboko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here