Lantik Pengurus DPC Partai Hanura Sumba Barat, Refafi: Jadikanlah Hati Nuranimu Sebagai Panglima Berpikir

0

Sumba Barat-Gaharunews.com,- Bupati Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Yohanis Dade SH, menghadiri acara
Rapat Kerja Cabang (Rakercab) dan Pelantikan Badan Pengurus Harian Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Sumba Barat, Sekaligus Pengurus PAC se-kabupaten Sumba Barat, yang berlangsung di kecamatan Lamboya, Sabtu (04/6/22).

Dalam sambutannya Bupati Yohanis menyampaikan proficiat dan selamat kepada Badan Pengurus Harian DPC Hanura periode 2022-2026 yang baru dilantik. Diakuinya partai politik mempunyai peran strategis dalam memberikan kontribusi positif bagi upaya membangun citra positif demokrasi di Indonesia. Menurutnya sesuai undang-undang parpol memiliki sejumlah fungsi, antara lain menjadi wadah pendidikan politik bagi anggota dan masyarakat luas serta menciptakan iklim kondusif bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

Parpol juga menurutnya berperan sebagai penyerap, penghimpun dan penyalur aspirasi politik masyarakat dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan Negara sekaligus merupakan bentuk partisipasi politik warga Negara. Fungsi lain dari Parpol menurut Bupati adalah merekrut kader-kader untuk pengisian jabatan politik baik di legislatif maupun di pemerintahan melalui mekanisme demokrasi dengan memperhatikan kesetaraan dan keadilan gender.

Yohanis menambahkan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, menyadari akan pentingnya peran partai politik, dalam hal ini Partai Hanura dalam pembangunan Kabupaten Sumba Barat, melalui peran para kadernya di legislatif. “Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi seluruh pengurus dan kader Partai Hanura melalui aspirasi berupa kritik saran dan masukannya baik dalam setiap proses pembahasan penetapan program kegiatan, serta kebijakan daerah bagi pembangunan di Sumba Barat, maupun dalam seluruh proses pendidikan politik melalui berbagai kegiatan musyawarah,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, SH, M.Pd, mengapresiasi kerja sama yang sudah dibangun dalam struktur DPC Hanura Kabupaten Sumba Barat. Menurutnya dalam organisasi yang paling utama adalah kerja sama. Pemimpin bisa sukses jika didukung oleh seluruh pengurus. Dengan pelantikan hari ini, secara yuridis dan de facto badan pengurus yang baru sudah bisa melakukan kegiatan partai. Diakuinya semua perjuangan tentu punya tujuan, begitu pula perjuangan parpol. Salah satunya adalah perhelatan pilkada pada tahun 2024 mendatang. Dipastikannya, kader internal Partai Hanura akan menjadi prioritas utama untuk dicalonkan sebagai bakal calon Legislatif maupun Eksekutif.

Refafi mengatakan, bahwa partai Hanura merupakan partai yang besar meskipun saat ini untuk Dapil NTT partai Hanura tidak memiliki perwakilan di DPR RI. Namun di Provinsi dan kabupaten kota, Partai Hanura memiliki 59 kursi DPRD. “Perolehan kursi Partai Hanura di daerah jumlahnya jauh lebih banyak melampaui beberapa parpol yang memiliki kursi di senayan”,jelasnya.

Meski begitu, kata Refafi, hasil perolehan kursi yang ada tidak harus membuat puas atau berhenti tetapi jauh lebih semangat untuk hadapi Pemilu serentak 2024 agar perolehan kursi lebih banyak lagi.

”Partai Hanura partai besar, di provinsi kita punya anggota DPRD dan di semua kabupaten/ kota. Tetapi ingat kita tidak boleh puas dengan kondisi saat ini. Mari kita harus kerja keras lagi, kita punya peluang sama rebut lagi di Senayan,” tegas Refafi disambut riuh tepukan keras para kader Hanura yang hadir pelantikan.

Rafafi meminta agar seluruh pengurus memenuhi komitmen besarkan Partai.
“Roda Organisasi bergerak terus agar kita bisa benahi diri. Kita tidak perlu malu karena tidak memiliki anggota DPR di Senayan,”tegasnya.

Situasi saat itu karena konflik internal yang luar biasa, untuk itu saat ini harus berjuang.
Partai Hanura sudah melewati masa-masa cobaan dan sudah diuji berbagai macam pengalaman pada masa lalu dan Hanura tetap tegar dan hadir di tengah masyarakat.

“Jadikanlah hati nuranimu sebagai panglima dalam berpikir dan mengambil keputusan.Keputusan harus lewat pertimbangan yang matang. Kader Hanura harus jujur ​​pada diri sendiri,” pintanya.

Ketua DPC Hanura Kabupaten Sumba Barat, Thimotius Raga seusai dilantik, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan kepada mereka sebagai Pengurus DPC Partai Hanura di Kabupaten Sumba Barat. Menurutnya ada tiga hal penting yang akan menjadi tugas utama badan pengurus yang baru, yakni mempersiapkan syarat administrasi dalam rangka verifikasi parpol. Tim verifikasi sudah dibentuk dan sudah mulai bekerja mulai dari tingkat PAC hingga ranting.

Hal penting kedua yang akan mereka lakukan adalah membawa Partai Hanura sampai ke pelosok-pelosok di wilayah Sumba Barat. Senada dengan Ketua DPD Hanura NTT, dia memastikan kader internal akan menjadi prioritas. Meski demikian Hanura juga tidak menutup kemungkinan bagi bakal calon dari luar partai untuk mencalonkan diri. Tugas utama Badan Pengurus baru yang lainnya adalah mempersiapkan kader-kader terbaik untuk pemilihan legislatif tahun 2024 mendatang.

“walau hanya memiliki 1 Kursi di DPRD Kabupaten Sumba Barat namun kehadiran Partai Hanura telah memberikan nuansa tersendiri dalam perpolitikan di Kabupaten Sumba Barat”,tutupnya.

Dalam struktur kepengurusan yang baru dilantik
Ketua : Thimotius T.Ragga,S.Sos
Wakil Ketua : Martinus Katangayani
Wakil Ketua: Ariance Tamo Inya,S.Pd
Sekretaris : Hieronymus Ara Rate,A.md (Nymus Cabelen) Sekretaris : Verderika Dinna Hermino Pais,S.Pd Bendahara : Agnes Wawo Jaga dan John Martinus Imanuel Tahun. (Aries Usboko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here