Mewujudkan Tema Aksi Puasa Pembangunan 2022 Kelompok Umat Basis Ratu Pencinta Damai Gelar Penghijauan di Manulai II

0

Kupang, GaharuNews.Com,-Kelompok umat Basis (KUB) ratu pencinta damai, Stasi St Petrus Manulai II, Paroki St Yoseph Naikoten gelar penghijauan di Manulai II RT 04/RW O2 kelurahan Manulai II. Penghijaun ini digelar atas dasar kerjasama pengurus Kelompok umat Basis bersama RD Yohanes Kartiba agar menghijaukan wilayah yang sering terdampak banjir dan longsor, Minggu (10/04/2022).

Seperti disaksikan media ini, sejak pukul 15.00 Wita kelompok umat basis (KUB) berbondong-bondong menuju lokasi penghijauan. Mereka membawa linggis dan tofa, serta anakan pohon yang telah disiapkan oleh ketua KUB.

Sebelum acara penghijauan di mulai kelompok Umat Basis meminta RD Yohanes Kartiba dan ketua KUB Mikhael Feka untuk melakukan penanaman simbolik di wilayah tersebut.

Di selah-selah aktivitas penghijauan RD Yohanes Kartiba berpesan, agar kelompok umat Basis bersama- sama menjaga dan merawat bumi sebagai tempat tinggal manusia sehingga lingkungan sekitar dapat terjaga dan terhindar dari erosi dan bencana alam.

“Kegiatan penghijauan hari ini merupakan kepedulian kita sebagai manusia yang tinggal di atas bumi. Kita harus terlibat dan merawat agar bermanfaat untuk kita dengan demikian kita akan terjaga bersama dengan bumi, sesuai dengan katekese aksi puasa pembangunan 2022 gereja menetapkan Tema Memulihkan Kehidupan Bumi Sehat Manusia Sejahtera,” ucap RD Yohanes Kartiba.

Kegiatan penghijauan ini juga berkaitan dengan situasi covid 19 dan juga badai Seroja yang masih dalam ingatan masyarakat NTT, sehingga aksi penghijauan ini merupakan semangat dari kebersamaan. Berjalan dalam semangat Injil bukan hanya manusia dengan manusia namun juga dengan alam semesta yang saling menggembirakan satu dengan lain, Ujar RD Yohanes Kartiba.

Sedangkan Ketua Kelompok Umat Basis Ratu Pencinta Damai, Mikhael Feka dalam kesempatan itu pula mengatakan bahwa, penghijauan yang dilakukan hari ini sebagai bentuk aksi nyata dari tema katekeses aksi puasa pembanguan 2022. Semangat inilah yang mendorong KUB ratu pencinta damai Stasi Manulai, Paroki St. Yoseph untuk bersama-sama melakukan penghijauan di kelurahan manulai II.

“Penghijauan ini dilakukan karena wilayah ini sering terdampak banjir dan longsor sehingga kita bergerak bersama antar kelompok umat Basis untuk melakukan penghijauan di wilayah ini” ucap Mikhael Feka.

Ia juga berpesan agar kelompok umat Basis dapat menjaga dan merawat anakan yang sudah tanam di wilayah tersebut.(Ino/GR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here