BP2MI Tindak Lanjuti Pengaduan Kasus PMI Asal NTT Yang Tidak Menerima Gaji Saat kerja Di Malaysia

0

Kupang,GaharuNews.Com,- Badan Perlindungan Pekerjaan Migran Indonesia (BP2MI) Nusa Tenggara Timur (NTT) menanggapi laporan wartawan channel A1 Adrianaus Amalo tentang salah satu pekerja migran Indonesia asal NTT yang dikabarkan hingga saat ini tidak mendapatkan gaji selama bekerja 6 tahun di Malaysia dan terindikasi mendapatkan tindakan kekerasan dari majikan di Malaysia.

Menanggapi hal tersebut BP2MI NTT saat ini bersurat kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia dan BP2MI pusat untuk mengecek kebenaran atas peristiwa tersebut.

Surat tersebut yang ditandatangani oleh Kepala BP2MI NTT Siwa SE tertanggal 29 Maret 2022 menerangkan upaya BP2MI NTT Setelah menerima pengaduan 24 Maret 2022 oleh salah salah seorang Wartawan. Dari hasil laporan BP2MI langsung bertindak melakukan pengecekan riwayat penempatan untuk menindak lanjuti laporan tersebut.

Setelah melakuan pengecekan nama Demi Delita Afu/ Demi Derita Afu terdapat SISKOTKLN/ SIKOPMI tahun 2016 bahwa agensi adalah mitra kerja PT Dinasti Insan Mandiri adalah AP.SDN. BHD majikan yang berinisial S T T alamat no 23 jalan 2 /4B Bukit Mas Taman Melawati Kuala lumpur Malaysia.

Dari hasil tersebut BP2MI NTT saat ini telah bersurat kepada KBRI dan BP2MI Pusat untuk menindak lanjuti Masalah tersebut dan kini KBRI Malaysia telah menghubungi kawan dekat dari Demi Derita Afu Untuk meminta keterangan dan bukti tambahan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs. Refafi Gah,SH., M.Pd., merespon peristiwa penelantaran Buruh Migran Indonesia(BMI) Demi Delita Afi yang saat ini bekerja di Malaysia selama enam (6) tahun dan tidak mendapatkan gaji serta diduga kuat mengalami kekerasan fisik maupun mental di Malaysia.

Ia Menjelaskan dirinya mendapatkan informasi dari media terkait masalah pekerja migran Indonesia asal NTT, ia langsung melakukan koordinasi cepat dengan Kepala BP2MI. Hasilnya Demi Delita Afi merupakan pekerja migran Indonesia yang tercatat pada Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri.

Ia juga mengatakan bahwa, dirinya serius untuk berkomunikasi agar persoalan tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Dan Demi Delita Afi dipulangkan dalam keadaan sehat serta mendapatkan haknya.(Ino/GR)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here