Komandan Pasmar 2 Pimpin Upacara Pemakaman Prajurit Marinir TNI AL Yang Gugur di Papua

0

Kupang-Gaharunews.com-, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, SE, MM, M.Sc., CHRMP., menghadiri upacara Pemakaman Praka Marinir Anumerta Wilson Andersoni, yang dimakamkan secara militer di Rumah Duka Jalan Oekalipi, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Rabu (30/3/2022).

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, SE, MM, M.Sc., CHRMP., bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dihadiri oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, SH, MH, Danlantamal VII Kupang Laksma TNI Dr. H. Yudho Warsono, SE, MM , CHRMP, MTr.Opsla, CIQnR, CIQaR, CRMP, Kabinda NTT Brigjen TNI Andrianus Dan, S.Sos., MTr., Dandim 1604 mewakili Dandrem 161/WS, perwakilan dari Danlanud El Tari Kupang dan pejabat utama Lantamal VII Kupang.

Pemakaman secara militer ini merupakan suatu wujud penghargaan kepada Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here dari Angkatan Laut yang gugur pada saat menjaga keamanan Negara Republik Indonesia.

Dalam amanatnya, Brigjen TNI (Mar) Suherlan, SE, MM, M.Sc., CHRMP., menyampaikan duka mendalam di atas gugurnya Praka Marinir Wilson Anderson Berikut simpanan sebagai Satgas Muara Perairan Tahun 2021 di Papua.

“Semoga jalan darma bakti yang dicapai Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Di sini dapat menjadi soliteladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka”, ucap Komandan Pasmar 2.

Dikatakannya, bahwa semuanya disini adalah suatu bentuk ungkapan rasa bangga, rasa cinta, dan rasa hormat kepada Almarhum Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here.

“Untuk itu marilah kita semua berdoa semoga mendapat tempat yang paling baik di sisi Tuhan Allah Yang Mahakuasa. Rasa duka kita saat ini adalah hal yang wajar. Karena disini oleh orang yang paling kita sayangi dan kita cintai. Namun sebagai insan hamba Tuhan. Hendaklah kita bersabar dan tabah dalam menghadapinya dan mengakui adanya kebesaran yang pencipta”, katanya.

Selama Almarhum Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Di sini selalu menunjukkan tutur kata dan budi pengerti yang baik. Almarhum memiliki dedikasi yang tinggi dalam pengabdian dan pengorbanannya kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara.

“Marilah kita bersama-sama berdoa semoga arwah bahagia diterima di sisi Tuhan Yang Mahakuasa. Dan diampuni semua dosanya serta kita yang ditinggal mengenang jasa-jasa seumur hidupnya”, Harapnya.

Selaku Inspektur Upacara dan atas nama Bangsa dan Negara, Brigjen TNI (Mar) Suherlan menambahkan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Pengasih semoga keluarga yang ditinggalkan tetap diberikan tambahan, kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini.

“Tidak lupa saya atas nama TNI Angkatan Laut juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya dengan tulus baik itu moril maupun materil sehingga terlaksananya upacara ini dengan baik dan lancar. Mudah-mudahan semua amal baik bapak-bapak, ibu-ibu serta saudara-saudara sekalian mendapat balasan dari Tuhan Yang Mahakuasa”, tutupnya.

Sementara itu, Kapolda NTT juga menyampaikan turut turut berduka cita kepada keluarga Almarhum dan kepada keluarga besar TNI AL.

“Atas nama pribadi dan Polda NTT, saya sampaikan turut berduka cita, semoga ditempatkan di tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa”, ujar Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, SH, MH.

Diketahui, Bahwa Bahwa Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here is putra kelahiran Kupang Pada tanggal 15 Agustus 1997. Ia menjadi korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Sabtu 26 Maret 2022 malam.

Ia gugur bersama Letda Moh Igbal, asal Kendari, Sulawesi Tenggara. Almarhum Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Inilah prajurit TNI dari Korps Marinir, berdinas di Yonif 11 Sorong.

Pria asal Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mengalami luka di bagian perut sebelah kiri dan kepala sebelah kiri akibat terkena tembakan.

Ia sempat mendapat penanganan medis dari dokter Satgas. Namun buah hati pasangan Karel Here dan Josovina K, akhirnya menghembuskan napas terakhir pada Minggu 27 Maret 2022 sekitar pukul 02.05 WIT. Saat meninggal dunia, ia berusia 25 tahun. (*)

Penulis: Aries Usboko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here