Diduga Tipu Publik, Agus Talan Segera Dilaporkan ke Polres TTU

0

Kefamenanu-GaharuNews.com,- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Berkarya Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Adrianus Magnus Kobesi, SH .,segera melaporkan Ketua Partai Beringin Karya Agustinus Talan ke kepolisian setempat. Laporan itu direncanakan dilakukan pada Senin (14/03/2022). Hal ini diungkapkan Adrianus Magnus Kobesi dalam rilisnya yang diterima redaksi Gaharunews.com, Sabtu (12/03/2022) malam.

Magnus mengatakan, laporan ke kepolisian itu menyusul adanya pernyataan Agustinus Talan di berbagai media untuk dilakukan Pengganti Antar Waktu (PAW) bagi Florentius Sonbay. “Maklum, saat ini Florentius adalah anggota DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dari Partai Berkarya bezutan Tommy Soeharto atau Hutomo Mandala Putra”, katanya.

Magnus menyebut sejumlah alasan rencana laporan itu ke kepolisian. Antara lain:

  1. Agustinus Talan diduga kuat telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan, menyerang kehormatan partai dan pembohongan publik terkait PAW anggota Dewan Partai Berkarya. Pernyataan tersebut hanya gertak sambal karena tidak berdasarkan aturan yang berlaku;
  2. Pernyataan Agustinus Talan dengan melanjutkan pernyataan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NTT dan DPD TTU Partai Beringin Karya untuk mem-PAW Florentius Sonbay merupakan pernyataan inkonstitusional. Sebab, Florentius Sonbay bukan anggota DPRD TTU dari Partai Beringin Karya tetapi anggota DPRD Partai Berkarya;
  3. Florentius Sonbay sendiri tidak pernah terdaftar sebagai anggota Partai Beringin Karya;
  4. Pernyataan Agustinus Talan selaku Ketua Partai Beringin Karya adalah manuver politik mandul, karena:
  5. a) Saat ini Partai Beringin Karya tidak memiliki anggota Dewan di lembaga DPRD TTU;
  6. b) Partai Beringin Karya versi Mucdi Pr belum pernah ikut pemilu dan tidak memiliki anggota Dewan;
  7. c) Ketua DPP dan Sekjen DPP Partai Beringin Karya telah diberhentikan oleh Mahkamah Partai Beringin Samsul Djalal;
  8. d) DPP Partai Berkarya yang mengeluarkan Surat PAW terhadap Florentius Sonbay itu sudah bukan Pengurus Partai;
  9. e) Partai Berkarya dan Partai Beringin Karya saat ini sedang bersengketa dan sedang menunggu putusan inkrah Pengadilan karena sedang Kasasi. Sedangkan Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tingkat Pertama dan Kedua telah dimenangkan oleh Partai Berkarya;
  10. Partai Beringin Karya mendapat legitimasi dari Kemenkum HAM RI namun sedang proses hukum. Jadi, semua upaya Partai tidak dapat diterima sebagai tindakan hukum yang sah dan benar.

Magnus lebih jauh memohon KPUD TTU, Pemerintah dan Pimpinan DPRD TTU untuk kritis menerima usulan PAW dari Partai Beringin Karya karena dualisme kepemimpinan partai ini sedang dalam proses hukum.

“Kami akan melaporkan Ketua DPD Beringin Karya TTU ke polisi karena telah mencoreng nama baik Partai Berkarya TTU, menyebarkan berita bohong, dan sedang berupaya untuk mengerdilkan Partai Berkarya”, tandas Magnus sambil menambahkan, jangan mau berkuasa dengan menunggangi/melukai saudaramu. (Aries Usboko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here