Ciptakan Program Strategis, Wali Kota Kupang Jumpa Dengan Komunitas Wartawan Peduli Kemanusiaan (KWPK)

0

Kupang, GaharuNews.Com_Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,MM,MH berjumpa dengan para wartawan Peduli Kemanusiaan (KWPK) di ruang kerjanya Rabu, (16/02/2022).Kunjungan KWPK Wali kota Kupang membeberkan program beberapa program strategis tahun 2022 yaitu bantuan bedah rumah dengan jumlah 359 Unit Rumah bagi masyarakat kurang mampu, dan beberapa Program prioritas lainnya seperti, pembangunan Bundaraan Eltari, Bundaran Patung Kirab, Drainase dan Trotoar dan Tempat Penampung Air (TPA) serta Penataan Taman di Pesisiran Pantai, Ungkap Jeriko.

“Program-program unggul ini kita sudah siapkan dalam Tahun ini untuk kita kerjakan, dan memang ada beberapa program lainnya yang ada hambatan seperti terlambatnya ijin dari hotel Aston dan lBK itu sehingga ketika mau memasukan perencanaan itu agak susah namun itu saya sudah komunikasihkan dengan Bapak Wakil Gubernur, Drs. Josef Nae Soi, M.M. dan Kementrian Pusat sehingga kita akan dilanjutkan dalam tahun ini,” Kata Jeriko.

Lanjutnya, beberapa program yang terhambat, yang dimana sudah ada perjanjian dengan Kementerian namun permohonan itu akan tetap berjalan walaupun saya tidak lagi jadi Walikota tetap program itu akan berjalan.

“Seperti Drainase dan Trotoar, Bundaran Eltari, Bundaran Patung Kirab dan penataan Taman di Pesisiran pantai Pasir panjang sampai Kampung Solor, dan TPA”, bebernya.

Jeriko juga menjelaskan tentang penataan Bundaran Eltari itu desainnya Etnis dari TTU, dan ada motif-motif Sabu seperti Patung Bundaran Kirab itu akan diubah seperti hutan Lontar dan batu karang yang tajam seperti di Ina Boi.

Menurut Jeriko, tahun 2022 akan ada penataan daerah pantai yang merupakan kerja sama dengan pemerintahan pusat, pembangunan yang termasuk di depan Toko Arjuna dengan desainnya dari pinggir laut dengan Lopo kecil untuk tempat bersantai dan berfoto.

Sementara itu, untuk Air bersih memang masih ada kesulitan karena terhambat oleh pemukiman penduduk dan terjal sehingga tidak bisa dikerjakan secara manual, serta pembangunan pipanisasi di Fontein yang salah satu masyarakat disana tidak mau pipa lewat halaman rumahnya, jelas Jeriko.

“Dan untuk pembangunan tahap pertama dari pemerintah pusat, pembangunan itu direncanakan di Air Sagu tetapi karena Covid maka di pending sementara, akan tetapi ada permohonan pun di BTN Kolhua sehingga kalau Masyarakat Kolhua menyetujui maka di Liliba akan di batalkan, sementara untuk pembenahan yang berikut pun akan di lakukan di TPA Alak agar lebih baik lagi.” katanya.

Sementara untuk program bedah rumah di tahun 2022 ini ada 359 unit yang terdiri dari dua bagian yaitu kerjasama dengan Pemerintah Pusat, dengan total bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar 21 juta dan itu merupakan bantuan pusat sebanyak 249 unit rumah dengan persyarat harus ada sertifikat, sementara kita dari Kota dananya 30 juta, dengan total 110 Unit rumah dengan syarat walaupun tinggal di Tanah orang harus mendapat ijin, sedangkan bantuan pribadi pun seperti penambahan televisi, tempat tidur dan lain-lain itu dari setiap pribadi pemerintahan, Jelas Wali Kota Kupang.

Sementara untuk penerangan di setiap jalan di tahun ini akan ditambahkan sehingga di setiap gang akan menjadi terang tetapi semua itu harus ada komitmen dari semua pemerintahan karena banyak lampu yang dicuri, maka untuk menjaga kenyamanan itu kita akan memasang banyak cctv di Kota Kupang. (Tyo/GR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here