Peringatan HPN WALHI NTT Minta Pers Mengawal Lajunya Investasi di NTT.

0

Kupang,Gaharu News.Com_Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) NTT Meminta Pers Untuk mengawal laju Investasi yang mulai menjamur wilayah di NTT. Untuk Investasi Skala Besar, Pertambangan, Pariwisata berbasis Investor, serta Monokultur difasilitasi oleh Negara dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang tidak bernuansa keberlanjutan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Walhi NTT Melalui Rilis yang yang ditandatangani Deputi WALHI NTT Yuvensius Stefanus Nonga saat diterima Media ini Kamis (10/02/2022) menjelaskan bawah, dua tahun terakhir, pantauan WALHI NTT terhadap proyek-proyek pembangunan di NTT terutama yang sifatnya Proyek Strategis Nasional (PSN) mulai menyasar pada ruang-ruang penghidupan masyarakat,akses air masyarakat mulai terancam, Wilayah Kelola Rakyat Petani Nelayan mulai dibatasi dan bahkan diprivatisasi.

Melihat situasi tersebut Yuven mengharapkan agar peranan media dapat memperjuangkan kepentingan ekologi dan menyalurkan aspirasi rakyat adalah bagian dari spirit awal lahirnya Pers di Indonesia.

Juven juga menjelaskan bahwa, Pers tidak saja sebatas menyampaikan informasi kepada publik, namun pers memiliki peran yang penting sebagai alat kontrol bagi pemerintah. Dimana pers memiliki hak untuk mengkritik berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Kritik tersebut tertuang dalam bentuk pemberitaan atau informasi yang dikeluarkan oleh pers.

Lanjut yuven, Walhi mengharapkan agar pers juga menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi dan juga sekaligus menjadi penyalur aspirasi rakyat dalam mempertahankan ruang-ruang penghidupan rakyat

Mewakili WALHI NTT kami mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2022, terus berada dalam barisan rakyat untuk memperkuat gerakan rakyat dalam memperjuangkan hak-haknya. Teruslah menjadi pers yang kritis dalam mengkritik
kebijakan pemerintah dalam memastikan pembangunan yang bernuansa ekologi ujarnya.(GR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here