Jelang Pilkades 2022, Pemkab Sikka Alokasikan 1,8 M

0
Sekretaris Dinas PMD Sikka, Kandidus L. Tolok

Maumere,GaharuNews.com – Jelang pemilihan kepala desa serentak tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 1,8 milyar.

Total desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022 sebanyak 79 desa yang masa jabatan Kepala Desa nya sudah berakhir termasuk juga 34 Desa Persiapan yang hingga kini masih menunggu persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan Nomor Regstrasi.

“1,8 Milyar rencananya akan membiayai Pilkades serentak. Kita punya Desa ada 79 yang masa jabatan Kadesnya sudah selesai, termasuk 34 Desa persiapan yang masih menunggu registrasi final dari Kementerian Dalam Negeri,” jelas Sekretaris DPMD Sikka, Kandidus L. Tolok usai mengikuti Rapat Pembahasan RAPBD Tahun 2022 bersama Komisi I DPRD Sikka, Kamis (25/11/2021) pagi.

Menurut Kandidus, normalnya anggaran untuk Pilkades itu berkisar antara 40 sampai 45 juta per desa, dan pembiayaan yang paling besar adalah pada Tim di Kecamatan termasuk Pengamanan.

Sehingga, alokasi anggaran untuk Pilkades sebesar Rp. 1,8 milyar ini, jika dikalkulasikan masih kurang namun akan disesuaikan, kata dia.

Lanjutnya menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada dan berharap supaya tidak ada kendala saat proses Pilkades berlangsung.

Ditanya soal jadwal pelaksanaan Pilkades serentak, Kandidus menyampaikan bahwa diperkirakan akan terjadi pada bulan Juli sampai Agustus 2022. (FD-GN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here