Catatan singkat Perjalanan Refafi Gah Ketua DPD Partai Hanura NTT di daratan Flores

0
Ketua DPD Partai Hanura NTT menerima pengalungan Selendang dari raja Don Martinus DVG di Larantuka Flores Timur

FROM ZERO TO HERO

Flores, GaharuNews.com – Memulai dari Nol menjadi Pahlawan, adalah semboyan Partai Hanura dibawah kepemimpinan Oesman Sapta Odang atau yang lebih akrap disapa OSO, yang telah mengakar di setiap kader Partai Hanura.

Menjejakan Kaki hari pertama di kota Reinha Rosari, senyum sumringah terlihat diwajah Ketua DPD Partai Hanura NTT Refafi Gah.

Bagaimana tidak, orang nomor satu Partai Hanura di NTT itu disambut langsung oleh Raja Larantuka Don Martinus DVG diringi tari- tarian serta musik tradisional Flores Timur.

Raja Larantuka Don Martinus DVG

“Ini pertanda baik bagi Hanura” ungkap Refafi Kala itu.

Dari Flotim rombongan bergerak ke Pulau Lembata dengan semangat “Taan Tou” Rombongan DPD Partai Hanura disambut luar biasa oleh pengurus dan kader Partai Hanura di Lembata, bahkan Refafi yang didampingi Sekretaris DPD Elias Koa, Ketua Bapilu Siprianus Woka Ritan dan Ketua Brigade DPD Hanura NTT Julius Tenis, SH diarak mengelilingi Kota Lewoleba.

“Saya Terharu, Lembata luar biasa, ini diluar ekspektasi saya, Hanura hanya punya 1 anggota DPRD disini, semangat Pengurus Lembata menggaungkan Partai Hanura patut dicontoh, ujar Refafi

Dari Pulau Lembata Rombongan Kembali Ke Pulau Flores dan langsung melanjutkan Perjalanan ke Nian Tanah Sikka, dijemput langsung oleh Ketua dan Pengurus di perbatasan Flotim dan Sikka dengan Upacara adat, Ketua DPD Partai Hanura NTT terkesima dengan sambutan kaum milenial motor trail trabas Maumere yang digawangi kader Partai Hanura Sikka Gregorius Wara, mengawal rombongan menuju ke tempat Pelantikan Ketua dan Badan Pengurus DPC serta kepengurusan PAC, ranting dan anak ranting se Kab. Sikka.

“kader Hanura harus berbaur dan dapat merangkul kalangan milenial, anak muda sekarang penuh inovasi, pikiran mereka jauh terbuka, pendidikan dan pendekatan politik bagi kaum milenial ini harus digencarkan orsap Lasmura” (Laskar Muda Hanura), kata Refafi.

Kelompok milenial Trail Trabas Maumere

Dari kab. Sikka rombongan DPD Partai Hanura NTT bergerak menuju kota Ende Sare Pawe tempat dimana Bung karno merenungkan dasar dasar Pancasila. Di kota Ende, Refafi teringat kembali Pidato saat terpilih secara aklamasi menjadi Ketua DPD Partai Hanura NTT Saat Musda Partai Hanura NTT.

Refafi ketika itu mewacanakan agar Provinsi NTT menjadi Daerah Istimewa Pancasila, karena di NTT tepatnya di kota Ende dibawah naungan pohon sukun, Presiden pertama Republik Indonesia itu merenungkan Pancasila yang hingga saat ini menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di kota ende, Ketua DPD Partai Hanura NTT yang sedang menjalankan amanah partai, menyempatkan diri bersilaturahmi ke Kediaman bapak Herman Herry untuk menyampaikan ungkapan turut berduka cita dari seluruh keluarga besar Partai Hanura atas meninggalnya Ibunda dari Ketua Komisi III DPR RI.

Ketua DPD Partai Hanura NTT didampingi Sekretaris DPD saat melayat ibunda dari Bapak Herman Herry

Dari kota Pancasila, Refafi dan rombongan bergerak menuju ke Kab. Nagakeo, Kabupaten ini cukup special buat Partai Hanura, meski hanya mendapatkan 1 kursi DPRD di Kab. Nagakeo, namun Partai Hanura Berhasil mendapatkan 1 Kursi DPRD Provinsi NTT dari Dapil 5 yang meliputi Kab. sikka Ende, Nagakeo dan Kab. Ngada, yang berhasil diraih putra dari Kab, Nagakeo Paulinus Yohanes Nuwa Veto yang akan digadang partai Hanura untuk maju sebagai calon Bupati Nagakeo 2024. Di Nagakeo Pula Partai Hanura mendapatkan kehormatan dengan bergabungnya mantan Ketua DPD Partai Nasdem Kab. Nagakeo Eka Humayana Fongo Moi yang langsung diangkat sebagai Ketua Bapilu Partai Hanura di Kab. Nagakeo dan dipakaikan jaket Hanura oleh Refafi Gah Ketua DPD Partai Hanura NTT

Ketua DPD Hanura NTT beserta jajaran pengurus DPD Hanura NTT dan DPC Hanura Kab. Ngada di lokasi wisata Wolobobo

Setelah melaksanakan tugas di Kab. Nagakeo, Rombongan ketua DPD Partai Hanura kemudian bergerak menuju Kota Bajawa Kab. Ngada, Ketua DPD Partai Hanura NTT yang didampingi, Sekretaris DPD Elias Koa, S.IP, Ketua Bapilu Siprianus Woka Ritan (Regen Ritan), dan Ketua Brigade Partai Hanura NTT Yulius Tenis, SH hanya singgah sebentar dan dijamu DPC Partai Hanura Kab. Ngada di lokasi Wisata Wolobobo.

Sesudah Rehat sejenak di Bajawa, Refafi dan Rombongan meneruskan perjalanan ke kota Borong Kab. Manggarai Timur, kawasan manggarai Raya yang meliputi Kab. Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat, boleh dikata merupakan kawasan spesial bagi Partai Hanura dimana kawasan tersebut untuk setiap kabupatennya Partai Hanura Berhasil membentuk satu Fraksi Murni di tingkat DPRD masing-masing Kabupaten. Dan mengantarkan Putra Manggarai IR. BEN ISI DORUS, MM sebagai Anggota DPRD Prov. NTT

Tak perlu digambarkan lagi bagaimana meriahnya penyambutan ketua DPD Partai Hanura NTT di ke-tiga kabupaten tersebut yang ditutup dengan penerimaan secara adat di Manggarai Barat dengan budaya adat Kepok dan tarian caci yang dimana tarian tersebut hanya khusus untuk menyambut tokoh tokoh besar yang menginjakan kaki di daerah paling barat pulau flores.

Refafi Gah ketika memukul cambuk pada tarian caci

Seminggu lebih ketua DPD Hanura NTT Refafi Gah bersama struktur DPD partai Hanura menjelajahi setiap kabupaten di pulau Flores untuk melakukan konsolidasi partai sampai tingkat anak cabang disemua kabupaten dari kota Reinha Rosari diterima langsung oleh raja larantuka hingga daratan flores paling barat pulau komodo diterima dengam tarian caci yang mana tarian tersebut hanya dipakai ketika menyambut tokoh pembesar di negeri ini.

‘’Bagi saya ini adalah modal fundamental yang kuat untuk membangun Hanura NTT. Genderang kerja telah di tabuh tidak ada kata istrahat bagi sang pemenang. Hanura NTT harus berada di Hati dan di benak masyarakat. Teruslah bangun semangat perjuangan, kobarkan nilai-nilai politik mulai dari kalangan milenial sampai ke pada tokoh masyarakat di daerah”.

Yakinlah segala usaha dan jerih lelah tidak akan pernah mengkhianati hasil, Hanura Pasti Berjaya ditahun 2024, tutup Bapak Drs. Refafi Gah , SH. MPd. Ketua DPD Partai Hanura NTT dan juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Hanura di DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur. (IAGN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here