Kisah Vivi Dethan yang Menghabiskan Waktu Mengabdi untuk Anak-Anak Pemulung di Kota Kupang

0
Vivi Dethan saat belajar dan bermain bersama anak-anak pesisir pantai kupang

Kupang, Gaharu News.Com – Kisah Vivi Detha yang menghabiskan waktunya untuk bermain dan belajar bersama anak-anak pemulung di kelurahan oesapa kecamatan kelapa Lima Kota Kupang

29 Tahun Merantau di pulau Jawa, Kini Kembali Bangun Generasi Penerus Kota Kupang dengan metode belajar bermain bersama anak-anak pemulung di kota Kupang

Dalam 5 bulan terakhir, dirinya memilih menghabiskan waktu bermain dan belajar bersama anak-anak pemulung. Dirinya, bermimpi dengan aktivitas yang dilakukan saat ini kedepan dapat melahirkan generasi yang cerdas dan unggul dari anak- anak pemulung.

Saat ditemui media Gaharu News,com disela-sela aktivitasnya di Kelurahan Oesapa pekan kemarin. Detha mengatakan bahwa, perjuangan mencerdaskan anak- anak pemulung memang berat jika dilakukan seorang diri, namun Dirinya tidak kehabisan cara sehingga ia selalu meminta bantuan dari mahasiswa psikolog maupun dari kalangan individu maupun pemerhati anak-anak di kota Kupang.

Bagi Detha, mengabdi untuk anak-anak adalah pilihan yang tepat namun harus diikuti pengorbanan waktu dan tenaga untuk bermain dan belajar bersama anak-anak. sebab, semua manusia pasti melewati masa anak-anak dan masa anak-anak merupakan masa dimana anak-anak harus diajarkan untuk bermain dan belajar bersama.

“Baginya, Jika anak-anak dipersiapkan secara baik dari usia dini mereka bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing dan tugas dari kita adalah mempersiapkan itu semua” Ungkapnya.

Hal mendasar Dethan memilih mendidik anak-anak pemulung karena baginya, anak-anak pemulung harus diberikan motivasi dan percaya diri bahwa pekerjaan orang tua mereka adalah pekerjaan mulia sebab, pekerjaan pemulung adalah pahlawan kebersihan.

“Sehingga mereka juga memiliki kesempatan yang sama seperti anak-anak lainnya yang orang tuanya pekerja kantoran ”

Dirinya menjelaskan, mengapa harus dimulai dari anak-anak pemulung karena anak-anak pemulung memiliki bakat yang luar biasa yang belum disalurkan sehingga, saya mencoba memulai dari lingkaran anak-anak pemulung agar mereka juga memiliki kesempatan yang sama seperti anak-anak yang lain.

selengkapnya wawancara dengan Vivi Dethan, silahkan klik :

Sebab, bagi Dethan dengan dilakukan kegiatan belajar dan bermain bersama anak-anak akan mengasa kemampuan mereka. Dan tugas dari saya adalah mensupport dan mencari jalan keluar atas persoalan mereka.

Di Akhir pernyataannya, dirinya mengharapkan agar kedepan ada perhatian dari pemerintah baik kota maupun provinsi kepada anak-anak pemulung, Ujarnya.(INO/GN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here