53 Mahasiswa STFK Ledalero Dapat Beasiswa Prestasi, Pater Otto Apresiasi Pemkab Sikka

0

Maumere,GaharuNews.com – Pimpinan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, Pater Otto Gusti, SVD memberikan apresiasi kepada Pemkab Sikka melalui Bupati dan Wakil Bupati, atas peran serta dalam membangun atau meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sikka. Hal ini disampaikan Pater Otto saat memberikan sambutan dalam acara Launching Pemberian Beasiswa Prestasi kepada 53 Mahasiswa STFK Ledalero, Minggu, (26/09/2021).
Menurutnya, pemberian bantuan beasiswa prestasi ini sudah sesuai dengan visi dan misi dari Bupati dan Wakil Bupati Sikka yakni terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat Sikka menuju Sikka yang bahagia. Dan salah satu hal dasar yang paling penting adalah hak atas pendidikan sesuai dengan amanat konstitusi dalam tujuan Negara kita yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.
Lebih lanjut Pater Otto mengatakan, pendidikan merupakan salah satu elemen sosial yang memungkinkan terjadinya loncatan sosial, dalam arti orang miskin hanya bisa bersaing dalam bursa pasar kerja atau dalam kehidupan sosial kalau mereka mengenyam pendidikan yang baik dan berkualitas,dan itu tidak mungkin tanpa support atau beasiswa dari Negara, tuturnya.
Sembari mengutip tulisan Viktor Franklin, Pater Otto mengatakan demokrasi terutama demokrasi liberal tanpa hak asasi sosial itu ibarat menyuruh 2 ekor Serigala dan 1 ekor Domba untuk memutuskan mereka mau makan apa. Dan tentu 2 ekor Serigala itu menjatuhkan pilihan untuk memakan 1 ekor Domba tersebut, ungkapnya.
Untuk itu, lanjut Pater Otto, salah satu hak sosial yang penting adalah ha katas pendidikan dan dengan apa yang terjadi hari ini, kita menyaksikan bahwa Negara hadir lewat Pemerintahan Kabupaten Sikka memberikan beasiswa kepada para mahasiswa. Dengan demikian setelah mendapatkan beasiswa tersebut masa depan mereka tidak akan menjadi mangsa yang akan dicaplok oleh 2 ekor Serigala tersebut, namun mampu bersaing di bursa pasar kerja dan ranah sosial dimana mereka hidup, ucap Pater Otto.

Pater Otto Gusti,SVD Saat Memberikan Sambutan Dalam Launching Penyerahan Bantuan Beasiswa Prestasi Bagi Mahasiswa STFK Ledalero, Minggu (26/09/2021)

Saat yang sama, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga memberikan motivasi kepada mahasiswa penerima bantuan untuk menjadikan dana bantuan yang nilainya meskipun kecil tetapi bisa membuatnya menjadi besar dan harus memiliki visi kedepannya.
“Dana memang kecil, tetapi kita yang menjadikan dan itu besar. Kalau kita tidak berupaya untuk menjadikan dana itu besar itu berarti kita sendiri yang salah. Oleh karena itu, saya meminta kepada adik-adik mahasiswa di STFK Ledalero harus mempunyai visi kedepan. Kedepannya nanti mau jadi apa yang penting sudah memiliki niat dan visi kedepan,” ungkap Romanus Woga.
Sementara itu, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam sambutannya mengatakan, sejak awal Pemerintah Kabupaten Sikka dalam masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Romanus Woga telah berkomitmen untuk membangun daerah.
Menurut Bupati, sebenarnya mereka telah belajar dari pemimpin-pemimpin terdahulu yang mana telah melakukan upaya yang begitu hebat, tetapi NTT tetap sama, begitu-begitu saja. Banyak program yang muncul lalu kemudian hilang. Hal ini menurutnya mungkin ada sesuatu yang salah, kata pria yang sering disapa Robi Idong ini.
Robi Idong mengatakan bahwa Sumber Daya Manusia di Kabupaten Sikka itu mengejutkan. Di tahun 2018, rata-rata pendidikan di Kabupaten Sikka 60 persennya adalah tamatan SD ke bawah. Itu artinya, tamat SD, tidak tamat SD ataupun tidak sekolah, tambah Robi Idong.
Ia menambahkan, pendidikan dasar sudah kita pacu dan itu diperlukan percepatan. Saat ini lanjut Robi Idong, lagi digodok Perda tentang Pendidikan gratis. Menurutnya, jika angka IPM naik, maka transfer keuangan dari pusat ke daerah juga akan naik. Jadi, kata Robi, beasiswa ini juga dalam rangka untuk mendorong agar kapasitas fiskal kita di daerah bisa naik.
Robi Idong lanjut mengatakan, pendidikan ini menjadi andalan dan Pemda Sikka akan terus meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya, pendidikan untuk semua terutama keluarga yang tidak mampu sembari menegaskan bahwa bantuan besiswa prsetasi ini sudah diperdakan, pungkasnya.
Lebih lanjut Bupati Robi mengatakan, dana yang disiapkan sesuai kebutuhan karena sekarang harus menggunakan aplikasi. Jika ada permintaan kita input sehingga itulah yang dikunci. Untuk itu Robi Idong meminta untuk semester-semester berikutnya harus mulai diajukan sejak dari sekarang. Dengan syarat administrasi kependudukannya adalah warga Kabupaten Sikka dan memiliki IPK minimal 3,0.
Ini beasiswa yang sangat baik. Kita sediakan tahun ini 10 Milyard dan baru terserap 5,7 Milyard, lanjutnya, jika dibutuhkan lagi kita berusaha untuk tambahkan. Selain itu ada juga pendidikan Vocasi baik formal maupun non formal yang juga dibiayai. Semuanya ini untuk kualitas sumber daya manusia, karena kita tahu bahwa harta kekayaan kita adalah sumber daya manusia, ucap Robi Idong. *(FD-GN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here