Terbitkan 4.250 Sertifikat, Pemda Sikka Terima 4 Sertifikat Dari BPN

0
Kasubag Tata Usaha BPN Kab. Sikka, Imelda Florante Ray,S.ST

Maumere,GaharuNews.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sikka menargetkan untuk terbitkan Sertifikat sebanyak 4.250 pada tahun 2021 ini. Penerbitan Sertifikat ini dilakukan melalui Program PTSL, Lintor dan juga Redistribusi Tanah. Hal ini disampaikan oleh Kasubag Tata Usaha BPN Sikka, Imelda Florante Ray,S.ST usai upacara peringatan HUT Agraria dan Tata Ruang, Jumat (24/09/2021) di ruang kerjanya.
“Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan sebelum hari ulang tahun agraria. Itu sudah kita rencanakan dan waktu itu program ini masih dengan pimpinan yang lama, pa Fransisco. Namun karena ada mutasi, maka kita tunda dengan diadakan sekarang,” jelas Kasubag sembari mengatakan bahwa dirinya hadir mewakili pimpinan yang lama.
Lebih lanjut Kasubag Tata Usaha ini mengatakan, dalam program pertanahan Kabupaten Sikka tahun 2021, pihaknya menargetkan untuk melakukan penerbitan Sertifikat sebanyak 4.250 dari Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dan Program Lintor (Lintas Sektor) yang mana mengutamakan masyarakat yang berpenghasilan rendah dan UKM (Usaha Kecil Mikro), ujar Flori Ray.
Florante merincikan, untuk program PTSL akan dilaksanakan di Kelurahan Wolomarang 780 bidang, Kelurahan Wailiti 992 bidang, Desa Munerana 28 bidang, Desa Baomekot 21 bidang, Desa Kajowair 31 bidang dan Desa Meken Detung 24 bidang. Sedangkan untuk Lintor terjadi di Kelurahan Madawat dan Desa Reroroja dengan rincian 495 Sertifikat yang akan diterbitkan. Kemudian untuk Redistribusi tanah akan dilaksanakan di Desa Tebuk dan Desa Koting C dengan target Sertfikat yang diterbitkan sebannyak 483.
Kita juga ada program Gugus Tugas Reform Agraria lanjutnya, dimana melalui gugus tugas ini, pertanahan menyiapkan Accept dan Acces. Artinya, ketika masyarakat itu belum punya Sertifikat kita bantu untuk membuat sertifikatnya. Setelah membuat Sertifikat, kita membantu dengan pihak perbankan untuk bagaimana masyarakat bisa mendapatkan modal dari Sertifikat yang diterbitkan itu, tambahnya.

Selain itu, kata Kasubag yang sering disapa Ibu Flori ini, saat ini BPN Sikka masuk dalam 5 nominasi Kantor yang masuk didalam penilaian Reformasi Birokrasi untuk Kemenpan/RB dalam pembangunan Zona Integritas.
Ia pun menegaskan bahwa dalam waktu satu bulan kedepan pihaknya akan berusaha untuk menyelesaikan semua sertifikat dan diserahkan kepada masyarakat sembari berharap kerjasama dari semua pihak termasuk media untuk ikut mensosialisasikan program-program Pertanahan yang sudah menjadi target.
Saat yang sama, Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, menerima Empat (4) buah Sertifikat milik Pemerintah Daerah yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor BPN Sikka, Faizin. Penyerahan Empat buah Sertifikat milik Pemda Sikka ini dilakukan usai upacara peringatan HUT UUPA (Undang-Undang Pokok Agraria) di halaman Kantor Badan Pertanahan Sikka.
Keempat Sertifikat tersebut masing-masing adalah; Pertama, Sertifikat Hak Pakai Nomor : 023/Wolomarang atas nama Pemerintah Kabupaten Sikka yang digunakan untuk Pekuburan Covid. Kedua, Sertifikat Hak Pakai nomor : 129/ Kota Uneng atas nama Pemerintah Kabupaten Sikka yang digunakan untuk Sekolah Pelayaran Yapenris Maumere.
Sertifikat Ketiga, Sertifikat Hak Pakai Nomor : 130/Kota Uneng atas nama Pemerintah Kabupaten Sikka, yang digunakan untuk Kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan. Dan yang Keempat Sertifikat Hak Pakai, Nomor : 131/Kota Uneng atas nama Pemerintah Kabupaten Sikka yang digunakan untuk Kantor Dinas Perikanan. *(FD-GN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here