Pelatihan Kader di Desa Jiwuwu Sabu Raijua

0

Sabu Raijua, GaharuNews – Guna mempersiapkan generasi sehat kader- kader posyandu menjadi terdepan dalam membangun kesehatan anak karena posyandu merupakan suatu pelayanan kesehatan yang bertujuan memenuhi kebutuhan kesehatan dasar dan peningkatan gizi masyarakat. Rabu, 22 September 2021, Desa Jiwuwu mengadakan Pelatihan Kader Posyandu. Kader Lansia, dan Kader KPM dengan Tema “ PELATIHAN KADER POSYANDU BAYI BALITA, LANSIA, KPM”

Yang turut hadir dalam kegiatan tersebut Pemerintah Desa, para pemateri dan sejumlah kader posyandu di Desa Jiwuwu. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Pj.Kepala Desa Jiwuwu yakni Ibu Petronela Bangngu Roi dan dihadiri juga oleh Ketua BPD Lay Huke dan sejumlah pengurusnya

Kader sangatlah antusias, Menurut Ibu Petro kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kader posyandu, Kader Lansia, dan Kader KPM yang ada di Desa Jiwuwu. Sehingga ilmu dibidang kesehatan yang didapat pada pelatihan ini mampu di implementasikan ke masyarakat, Beliu juga menambahkan bahwa kegiatan pelatihan kader – kader ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap para kader dalam menyelenggarakan kegiatan posyandu di Desa Jiwuwu dan tujuan khususnya adalah untuk meningkatkan pengetahuan kader posyandu di Desa.


Pada kesempatan tersebut Pj.Kepala Desa juga memberikan arahan serta berdialog langsung dengan para kader posyandu yang mengikuti pelatihan. Menurut Ibu Petro sejak menjabat dari Mei tahun 2021 tingkat kesadaran masyarakat desa Jiwuwu masih sangat rendah,bahkan sampai saat ini masih ada yang nekad melahirkan di rumah tanpa ada bantuan medis, itu sangat di sayang kan oleh Pj dan akan mengambil sikap yang tegas terhadap, Ia berharap kader membutuhkan keberanian dan tekad kader posyandu untuk memiliki kontribusi lebih dengan tujuan untuk mensukseskan program Desa kepada masyarakat karena kader posyandu yang terdepan dan lebih dekat ke masyarakat, sekarang posyandu telah berubah yang tadinya hanya melayani bidang kesehatan saja tetapi sekarang bidang sosial dan bidang yang lainnya.
Beliau juga menambahkan bahwa sebagai kader kita harus bangga karena ini merupakan bentuk sosial yang saling kompleks. Perilaku hidup sehat harus diterapkan sejak dini seperti pola asuh dan peningkatan ekonomi keluarga mempengaruhi perkembangan anak. “Saya berharap para kader dapat membagi ilmu dan menularkan semangat sehat bagi lingkungannya,” tambahnya.(gr/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here